Grit Manggaleh Orang Minang dan Tionghoa

Luar biasa pesat kemajuan dagangan uda Ali Musa ini. Mentalitas "grit" sebagai panggaleh Minangkabau seperti inilah yang membikin saya tertular mental dagangnya sejak anak-anak baheula.

Rabu, 3 Maret 2021 | 05:52 WIB
0
254
Grit Manggaleh Orang Minang dan Tionghoa
Ali Musa dan saya (Foto: Dok. Pribadi)

Dalam bahasa Minangkabau, kata manggaleh artinya berdagang. Panggaleh artinya pedagang.

Di usia SD saat di Riau (Sumatera) baheula, saya udah berdagang. Berdagang es kacang hijau dan tebu iris. Dagangan saya jajakan didalam termos. Ngambil dagangan konsinyasinya dari juragan orang Minang (baca: Padang).

Saya berdagang bareng teman-teman kecil saya. Namanya si Ramli (bocah Minang) dan si Ationg (bocah Tionghoa). Sementara si Benget (bocah Batak) gak suka dagang. Dia teman kami mencuri tebu tetangga malam-malam.

Kalo kami berdagang, ngincernya jika ada baralek (pesta nikah) dan saat pertandingan sepakbola di kampung.

Sangat menyenangkan disaat SD sudah punya duit sendiri. Bakat berdagang saya baheula, memang tertular dari teman Minang dan Tionghoa saya.

Naaah...tadi pagi saat berolahraga ke Bogor, saya sempatkan main sebentar ke Pasar Gunung Batu, Bogor. Ini salah satu pasar yang ikut dinilai sewaktu saya menjadi juri Festival Pasar Jawa Barat 2019.

Saat itu, salah satu pedagang yang sempat saya wawancarai adalah uda Ali Musa. Beliau perantau Minang. Kampung asalnya dari Pariaman. Tadi pagi, saya samperin kedainya untuk bersilaturahmi. Ternyata sekarang beliau udah punya 3 buah kedai. Kedai plastik, kedai produk bambu-gerabah, serta kedai bumbu masak.

Luar biasa pesat kemajuan dagangan uda Ali Musa ini. Mentalitas "grit" sebagai panggaleh Minangkabau seperti inilah yang membikin saya tertular mental dagangnya sejak anak-anak baheula. Dalam mentalitas "grit" ada 4 adonan: hasrat (passion), qana'ah (pickability), makna (meaning) dan kesabaran (perseverance).

***
.