Ikatan DTBPNS Siap Perjuangkan Doses Tetap Non PNS Menjadi ASN

Kesejahteraan dan jaminan akan profesi mereka kian tidak pasti. Mengapa hal ini dapat terjadi,

Minggu, 24 Januari 2021 | 07:52 WIB
0
221
Ikatan DTBPNS Siap Perjuangkan Doses Tetap Non PNS Menjadi ASN
Rapat Koordinasi Dosen Tetap Bukan PNS

Ikatan Dosen Tetap Bukan PNS (DTBPNS) akan memperjuangkan secara regulatif dosen tetap bukan PNS, baik dosen di perguruan tinggi di bawah kemenag atau kemendikbud untuk menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Hal ini dikatakan Ketua Ikatan DTBPNS, yang juga sebagai Dosen IAIN Jember, Moh Nur Afandi, usai ditetapkan sebagai Mandataris Ketua Umum Pusat Ikatan Dosen Tetap Bukan PNS (IDTBPNS), Rabu(13/1) yang dikemas secara virtual konsolidasi dari berbagai Perguruan Tinggi DTBPNS dengan 9 tim formatur.

Untuk mengawali tugasnya, Pria yang akrab disapa Cak Afandi itu, ingin memperjuangkan hak Dosen tetap non PNS. Kerapkali Dosen Tetap Non PNS "ibarat" buruh yang prestasi dan pengabdian mereka pada negara dianggap remeh. 

“Kesejahteraan dan jaminan akan profesi mereka kian tidak pasti. Mengapa hal ini dapat terjadi,” tanya pria yang menggantikan posisi Dr. Muhammad Habibi asal IAIN Kerinci. 

Karena itu, mantan Ketua Umum Komisariat PMII IAIN Jember itu menegaskan, dalam memahami nestapa ini, agaknya penting menganalisis mengapa Dosen Tetap Non PNS muncul dan rekrutmen berlangsung di Perguruan Tinggi Negeri. "Kita analisa dulu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, ada 9 tim formatur yang ikut dalam virtual tersebut diantaranya, Muhammad Habibi (IAIN Kerinci), Ibnu Hajar (UIN Makassar), Ubaidillah (IAIN Purworkerto), Ahmad Zayyadi (IAIN Purwokerto), Ahmad Faidi (IAIN Madura), Moh Nur Afandi (IAIN Jember), Muhtarom (UIN Palembang), Ali Hasan (IAIN Jember), Adi Cahyadi (UIN Jakarta).

***