Pengabdian Masyarakat Implementasi Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Anak Siswa Sekolah Dasar

Jumat, 4 Agustus 2023 | 10:08 WIB
0
44
Pengabdian Masyarakat Implementasi Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Anak Siswa Sekolah Dasar
Pengabdian Masyarakat dosen Implementasi Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Sekolah dasar/Foto : Dokpri

Karanganyar – Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji bekerja sama dengan Dosen Universitas Slamet Riyadi Surakarta yaitu Elinda Rizkasari bersama dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto Rully Anisa mengadakan acara Pengabdian Masyarakat. Pengabdian masyarakat sendiri dilaksanakan di Sekolah dasar Negeri Giriwondo Jumapolo karanganyar.

            Untuk tema pengabdian masyarakat sendiri berjudul “Implementasi Pentingnya Kesehatan Gigi Bagi Siswa Sekolah dasar Giriwondo”. Tujuan pengabdian masyarakat sendiri adalah untuk meningkatkan kesadaran bagi siswa tentang pentingnya kesehatan gigi dan mulut serta bisa melakukan tekhnik gosok gigi secara mendiri dengan baik dan benar.

            Implementasi gosok gigi untuk menjaga kesehatan gigi difokuskan kepada siswa Kelas 3 dan 4 sekolah dasar. Dari studi pendahuluan yang sudah dilaksanakan di Sekolah dasar didapatkan data bahwa anak siswa sekolah dasar serta keluarga belum mengetahui cara langkah gosok gigi yang baik dan benar. Kemudian mereka juga belum mengerti cara melakukan perawatan kesehatan gigi yang baik dan benar dirumah.

            Kegiatan pengabdian masyarakat sendiri diikuti oleh sebanyak 43 siswa dimana siswa diberikan pendidikan kesehatan tentang cara menjaga kesehatan gigi beserta praktek gosok gigi secara langsung diluar kelas. Siswa mendapatkan teori pembelajaran selama 20 menit dikelas dan kemudian dosen pengabdi memberikan praktek cara gosok gigi yang baik dan benar. Setelah selesai kemudian siswa mempraktekkan satu persatu diluar kemudian diawasi oleh guru dan dosen pengabdi.

            Setelah melaksanakan kegiatan praktek gosok gigi yang baik dan benar selesai kemudian dosen pengabdi melakukan evaluasi berupa pertanyaan kepada siswa sekolah dasar. Bagi yang bisa menjawab pertanyaan maka siswa mendapatkan hadiah doorprize. Diakhir acara dikarenakan pesertanya anak – anak, maka semua anak mendapatkan doorprize serta paket gosok gigi.

            Selama berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat menjaga kesehatan gigi di skeolah dasar, seluruh siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan. Selain itu metode yang digunakan dari dosen pengabdi yang inovatif membuat siswa sekolah dasar tidak bosan dalam mengikuti pendidikan kesehatan tersebut.

            Ketika melakukan wawancara kepada orang tua siswa, mereka menyampaikan bahwa selama ini anak memang agak sulit kalau untuk gosok gigi dikarenakan banyak hal dari tidak suka gosok gigi hingga kurangnya pengetahuan. Setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini mereka menjadi mengerti dan paham tentang kesehatan gigi dan mulut serta cara menggosok gigi yang baik dan benar.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menghindari makanan yang manis, melakukan tekhnik gosok gigi yang baik dan benar, gosok gigi sehari minimal 2x sehari, gosok gigi setiap sehabis makan dan sebelum tidur. Metode yang dipakai dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan cara ceramah, demonstrasi, melihat gambar video dan melakukan praktek secara langsung. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah kesadaran siswa tentang pengetahuan kesehatan gigi menjadi meningkat, siswa terlihat antusias melakukan praktek gosok gigi dan siswa bersedia menjaga kesehatan gigi. *Red