11 Obat Herbal dari Tanaman untuk Mencegah Darah Tinggi

Inilah rekomendasi 11 obat herbal yang bisa anda coba dan temukan untuk mengobati darah tinggi.

Rabu, 25 Mei 2022 | 17:11 WIB
0
112
11 Obat Herbal dari Tanaman untuk Mencegah Darah Tinggi
Herbal

Ada banyak tanaman obat herbal yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Obat herbal tekanan darah tinggi bisa menjadi alternatif pengobatan yang mudah. Pengobatan herbal membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh daripada obat kimia, tetapi lebih efektif dalam jangka panjang. 

Tekanan darah tinggi dapat dikontrol dengan relatif murah, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Obat-obatan dapat diperoleh dari bahan-bahan alami, tanpa harus membelinya. Dengan begitu, risiko penyakit ini bisa diminimalisir.

Baca juga: 11 Tanaman yang Manjur sebagai Obat Herbal Darah Tinggi

11 Obat Herbal dari Tanaman 

Beberapa bahan yang memiliki efek penyembuhan mungkin tidak diperhatikan, tetapi bisa sangat bermanfaat. Berikut adalah sebelas tanaman yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah pada manusia.

1.Kumis Kucing 

Kumis kucing juga memiliki khasiat sebagai obat herbal darah tinggi. Bukan hanya sebagai diuretik dan peluruh batu ginjal namun juga mampu menurunkan tekanan darah. Penggunaannya cukup mengeringkan daun kumis kucing kemudian menyeduhnya menjadi minuman.

2. Lavender 

Lavender dikenal karena sifat pengusir nyamuk, tetapi juga memiliki sifat penurun tekanan darah yang kuat. Lavender memiliki efek penenang pada jantung dan tekanan darah. 

Anda tidak hanya dapat mencium aroma bunga Lavender, tetapi Anda juga dapat menambahkannya ke makanan. Daunnya juga dapat dikonsumsi dengan cara yang sama dan memiliki manfaat medis yang serupa, seperti digunakan untuk tekanan darah tinggi.

3. Biji Rami 

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam biji rami telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi 30-50 gram biji rami per hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular aterosklerotik. 

Cara kerja asam lemak omega-3 dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan toleransi glukosa. Omega-3 adalah antioksidan penting yang membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Bawang Putih 

Bawang putih efektif melawan bakteri, dan merupakan bahan tambahan makanan yang populer karena alasan ini. Tumbuhan tertentu yang digunakan sebagai rempah-rempah mengandung oksida nitrat, yang dikenal dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Oksida nitrat memiliki khasiat membuat pembuluh darah lebih rileks dan lebar, membuat tekanan darah lebih stabil.

5. Kapulaga 

Kapulaga tidak hanya digunakan sebagai bumbu aromatik dalam masakan, tetapi juga memiliki manfaat medis. Fungsi utama tanaman mungkin untuk menurunkan tekanan darah, karena tampaknya efektif. Tidak perlu khawatir lagi dengan kekentalan makanan India Anda karena sarat dengan santan dan daging.

6. Daun Basil 

Obat alami lain untuk tekanan darah tinggi adalah daun basil. Tanaman ini terlihat mirip dengan kemangi, tetapi spesiesnya berbeda. Daun basil dapat membantu mengurangi zat yang dapat menyebabkan vasokonstriksi, yang dapat menyebabkan penurunan aliran darah.

7. Jahe 

Mengkonsumsi minuman jahe telah terbukti mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah. Aliran darah ke seluruh tubuh dapat ditingkatkan dengan bantuan jantung, yang dapat menyebabkan penurunan tekanan dan kondisi yang lebih stabil. 

8. Meniran 

Daun meniran dapat menjaga keseimbangan natrium dan kalium dalam darah Meningkatkan jumlah cairan di dalam sel dan menurunkan jumlah cairan di luar sel. Cara kerja ini menyebabkan tekanan darah menurun dan orang tersebut juga akan bisa buang air kecil.

9. Temulawak 

Temulawak merupakan rimpang yang juga dikenal memiliki khasiat medis yang baik untuk tekanan darah tinggi karena mengandung flavonoid. Teh ini dapat dinikmati sebagai minuman sendiri, atau dikombinasikan dengan ramuan lain seperti jahe, pegagan, dan lain-lain.

10. Pegagan

Ekstrak daun pegagan mengandung zat yang membantu melancarkan aliran darah. Bahan aktif membantu mengurangi permeabilitas kapiler dan meningkatkan mikrosirkulasi. Penggunaannya sebagai obat sangat mudah. Jika Anda tidak mengolah daunnya, Anda bisa memakannya langsung sebagai salad. Bisa juga beli dalam bentuk kapsul instan yang lebih praktis.

11. Seledri 

Sering ditambahkan ke berbagai makanan olahan, seledri memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Apigenin di dalamnya membantu memperlambat detak jantung, yang mengurangi jumlah darah yang dipompa dan menurunkan tekanan.

Baca juga: Peranan Penting Apoteker dalam Industri Distributor Farmasi

Nah itu dia rekomendasi 11 obat herbal yang bisa anda coba dan temukan untuk mengobati darah tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat. 

***