5 Hal Yang Membatalkan Shalat Yang Harus Anda Ketahui!

Sebagian besar dari mereka penting untuk diperhatikan dengan cara untuk mendapatkan validasi dari Allah dalam Sholat Anda. Semoga Allah memberikan berkah dan rahmat-Nya atas doa Anda.

Selasa, 3 Mei 2022 | 14:45 WIB
0
49
5 Hal Yang Membatalkan Shalat Yang Harus Anda Ketahui!
Membatalkan solat

Hal-hal yang membatalkan Shalat sudah tertulis dalam aturan Islam selama bertahun-tahun yang lalu. Kebanyakan dari mereka menjadi hal penting yang harus diperhatikan bagi setiap Muslim agar shalat mereka dapat divalidasi oleh Allah.

Umat ​​Islam umumnya lebih mengetahui beberapa aturan Shalat yang mampu menuntun mereka ke dalam Shalat yang sah. Mereka memahami beberapa hal yang membatalkan shalat mereka, yang sudah diajarkan kepada umat Islam sejak mereka masih muda. Mereka juga terkadang menerapkannya pada cara melindungi diri dari ilmu hitam dalam Islam.

Sebagian umat Islam praktis menghindari beberapa hal yang membatalkan shalat agar shalat mereka menjadi sah. Hal itu penting karena kebanyakan dari mereka tidak akan berharap salat mereka menjadi sia-sia.

Omong-omong, di sini kami memiliki beberapa hal yang membatalkan Shalat berdasarkan Al-Qur'an yang harus Anda ketahui. Mari kita periksa di bawah ini!

Baca Juga : Tanda-Tanda Jin Keluar dari Tubuh

1. Menyadari Sesuatu yang Salah

Begitu Muslim mendapatkan Shalat dan selama waktu Shalat mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan Shalat mereka membuatnya tidak sah. Misalnya, pada saat Shalat, umat Islam tiba-tiba menyadari bahwa aturan Shalat mereka tidak sesuai dengan hukum Islam.

Misalnya, umat Islam lupa berwudhu lagi setelah batal wudhu dengan menyentuh benda-benda najis. Aturan ini sudah disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Maidah ayat 6 di bawah ini.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ لَيْكُمْ لٰكِنْ لِيُطَهِّرَكُمْ لِيُتِمَّ لَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ 

“ Hai orang-orang yang beriman! Jika kamu hendak shalat, maka basuhlah mukamu dan kedua tanganmu sampai siku, usaplah kepalamu, dan (basuhlah) kakimu sampai mata kaki. Jika Anda Junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari toilet atau menyentuh seorang wanita, maka jika kamu tidak mendapatkan air, maka lakukanlah tayamum dengan debu (suci) yang baik; usaplah wajahmu dan tanganmu dengan itu. Allah tidak ingin mempersulitmu, tetapi Dia ingin membersihkanmu dan menyempurnakan nikmat-Nya untukmu agar kamu bersyukur.” (QS 5: 6)

2. Mengenakan Pakaian Kotor

Allah menyebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Araf ayat 31 bahwa umat Islam harus memakai pakaian yang baik. Ini berarti tidak hanya baik dalam bentuk tetapi juga baik untuk pakaian bersih. Oleh karena itu memakai pakaian yang baik dan bersih akan memvalidasi salat mereka yaitu mereka akan mendapatkan beberapa manfaat seperti manfaat belajar Al-Qur'an.

Tetapi jika umat Islam bersikeras memakai pakaian kotor, itu akan menjadi salah satu hal yang membatalkan shalat.

 اٰدَمَ ا لِّ لُوْا اشْرَبُوْا لَا اۚ اِنَّهٗ لَا الْمُسْرِفِيْنَ 

“Wahai anak Adam! Pakailah pakaian yang bagus di setiap (memasuki) masjid, makan dan minum, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.” (QS 7:31)

3. Menghadap ke Luar Kiblat

Muslim tahu bahwa selama Shalat mereka harus menghadap Mekah sebagai kiblat mereka. Jika umat Islam melakukan Shalat menghadap ke luar kiblat atau mendapatkan arah kiblat yang salah yang membuat Shalat mereka tidak sah.

Keikutsertaan dari kiblat harus menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dihindari bagi umat Islam selama Shalat karena dapat dibentuk sebagai syirik. Daripada lebih baik untuk membuat beberapa Dua untuk perlindungan dari Syirik.

Hanya ada satu kiblat yang diyakini umat Islam berada di Mekah selama beberapa dekade. Hal-hal penting ini juga sudah tertulis dalam Al-Qur'an.

Menghadap ke luar kiblat menjadi salah satu hal yang membatalkan shalat. Hal itu disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 29 di bawah ini.

 اَقِيْمُوْا لِّ ادْعُوْهُ لِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ا اَكُمْ 

“Balikkan wajahmu (kepada Allah) di setiap doa , dan sembahlah Dia dengan ibadah yang tulus hanya kepada-Nya. Kamu akan dikembalikan kepada-Nya sebagaimana kamu diciptakan.” (QS 7:29)

Baca Juga : Gejala yang Perlu di Ruqyah

4. Berbicara Saat Shalat

Dalam aturan Islam sudah tertulis bahwa jika umat Islam berbicara selama Shalat mereka akan menjadi tidak sah. Berbicara saat Shalat menjadi salah satu hal yang membatalkan Shalat, yang merupakan menghindari makna Khusyuk dalam cara tetap Istiqamah .

Berbicara saat Sholat meski hanya satu kata saja bisa bermakna bagi orang lain. Itulah mengapa berbicara selama Shalat harus menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dihindari karena akan membatalkan Shalat.

Selain itu, berdasarkan hukum Islam, berbicara selama Shalat secara otomatis bertentangan dengan Khusyuk atau doa khusyuk kepada Allah. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 238 di bawah ini.

افِظُوْا لَى الصَّلَوٰتِ الصَّلٰوةِ الْوُسْطٰى ا لِلّٰهِ 

“Jaga semua doa (Anda) dan (pelihara) doa Wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam doa-doamu) dengan sungguh-sungguh.” (QS 2:238)

5. Tertawa Keras

Tertawa terbahak-bahak saat Shalat menjadi salah satu hal yang membatalkan Shalat. Meski sedikit tertawa, otomatis shalatnya batal. Hal itu karena tertawa adalah menghindari khusyuk atau rasa khusyuk terhadap Allah.

Daripada tertawa lebih baik untuk membuat beberapa Duas menjauhkan diri dari dosa setelah Sholat Anda. Kebanyakan Muslim tahu bahwa melakukan Sholat yang benar itu sulit, tetapi lebih mudah bagi mereka yang melakukan Sholat dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan validasi dari Allah. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 45 di bawah ini.

اسْتَعِيْنُوْا الصَّبْرِ الصَّلٰوةِ اِنَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا لَى الْخٰشِعِيْنَۙ

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan kesabaran dan doa. Dan (sholat) itu sangat berat, kecuali orang-orang yang khusyuk” (QS 2:45)

Jadi, ada beberapa hal yang membatalkan Shalat yang harus diperhatikan umat Islam. Sebagian besar dari mereka penting untuk diperhatikan dengan cara untuk mendapatkan validasi dari Allah dalam Sholat Anda. Semoga Allah memberikan berkah dan rahmat-Nya atas doa Anda.

***