Psikologi [5] Pendekatan Perilaku dan Penerapannya dalam Bidang Manajemen

Behaviorismedikritik karena terbatas pada satu dimensi sementara mengabaikan parameter penting lainnya seperti suasana hati, pikiran dan perasaan yang merupakan proses internal.

Jumat, 2 Agustus 2019 | 09:31 WIB
0
465
Psikologi [5] Pendekatan Perilaku dan Penerapannya dalam Bidang Manajemen
ilustr: Livework

Pendekatan Perilaku muncul selama awal abad kedua puluh sebagai tanggapan terhadap banyak dibahas tentang teori psikoanalitik. Karena, teori psikoanalitik tidak memiliki pendekatan ilmiah dan tidak dapat dikenai teknik eksperimental untuk membuat prediksi. Di sisi lain, behavioris berpendapat bahwa kecenderungan perilaku yang berbeda dapat dijelaskan secara ilmiah.

Pendekatan perilaku telah dijelaskan dalam karya-karya Ivan Pavlov, Edward Lee Thorndike, John B. Watson dan B.F. Skinner. Alih-alih berfokus pada konflik internal dalam bentuk pemikiran dan keyakinan, fokus pendekatan behaviorisme adalah pada pola yang dapat diamati atau terbuka yang dipelajari dari lingkungan.

Behavioural Psychology adalah teori belajar yang didasarkan pada gagasan bahwa semua perilaku adalah hasil dari pengkondisian. Karena interaksi dengan faktor lingkungan, ahli perilaku berpendapat bahwa tindakan atau tanggapan kita diatur oleh rangsangan lingkungan.

Menurut behavioris, perilaku dapat dipelajari dan dianalisis secara sistematis, terlepas dari kondisi mental internal seperti suasana hati, emosi dan kognisi yang relatif terlalu subjektif.

Tekanan utama dari behavioris adalah pada pengkondisian. Mereka percaya bahwa setiap individu dapat dilatih untuk menangani tugas apa pun terlepas dari sifat genetik atau perasaan internal melalui pengkondisian yang efektif.

John B Watson yang juga dianggap sebagai bapak 'Pendekatan Perilaku', menggambarkan behaviorisme dalam makalahnya "Psychology as The Behaviourist Views It", yang diterbitkan pada tahun 1913. Behavioris percaya bahwa perilaku adalah hasil dari pengalaman. Behaviourisme tumbuh sebagai aliran pemikiran utama dalam psikologi selama 1920 hingga pertengahan 50-an.

Pengkondisian Klasik Ivan Pavlov             

Ivan Pavlov, ahli fisiologi Rusia menjelaskan teori pengkondisian klasik dengan bantuan percobaan yang dilakukan pada anjing. Dalam sebuah pengaturan eksperimental, Pavlov melatih anjing-anjingnya untuk menunjukkan respon terkondisi terhadap rangsangan terkondisi bahkan tanpa adanya rangsangan alami. Pengkondisian dapat dikategorikan menjadi dua jenis:

  1. Pengkondisian Klasik: Teknik pengkondisian klasik digunakan dalam banyak program pelatihan perilaku untuk memperkuat pembelajaran atau pola perilaku yang diinginkan. Dalam kasus pengkondisian klasik, stimulus yang netral dikombinasikan dengan rangsangan alami. Karena proses pengkondisian bertahap, stimulus netral juga menunjukkan respons atau perilaku yang sama seperti yang biasa terjadi di hadapan rangsangan alami. Stimulus yang terlibat dalam proses ini dikenal sebagai stimulus terkondisi dan respon atau perilaku yang dipelajari juga dikenal sebagai respon terkondisi.
  2. Pengkondisian Operan: Juga dikenal sebagai pengkondisian instrumental seperti yang diusulkan oleh psikolog B.F. Skinner adalah teknik pembelajaran dengan cara memberi penghargaan dan hukuman. Sesuai teori pengkondisian instrumental, hubungan yang erat dibangun antara perilaku dan konsekuensi dari hasil perilaku. Bala bantuan digunakan untuk memperkuat perilaku atau membuatnya berulang, di sisi lain, hukuman menghalangi seseorang untuk berperilaku atau bertindak dengan cara tertentu. Karenanya, tujuan utama hukuman adalah melemahkan perilaku yang tidak diinginkan atau tidak diinginkan. Dalam skenario saat ini, organisasi banyak bergantung pada pendekatan pengkondisian instrumental untuk menjaga karyawan mereka termotivasi dan bertindak sesuai dengan kode etik yang diharapkan

Eksperimen John B. Watson: Psikolog Amerika John B. Watson dengan bantuan eksperimen "Little Albert" -nya telah mencoba membuktikan bagaimana respons emosional dapat dikondisikan. Dia menggunakan pendekatan pengkondisian klasik untuk melatih anak laki-laki berusia 9 bulan untuk takut pada tikus mainan putih dengan mengasosiasikan tikus dengan suara tiba-tiba.
 
Hukum Efek Edward Lee Thorndike: Psikolog Amerika Edward Thorndike mengemukakan Hukum Pengaruh, yang menyatakan bahwa perilaku tersebut akan diperkuat jika memiliki efek yang memuaskan atau memiliki konsekuensi positif. Di sisi lain, respon yang menciptakan efek tidak nyaman atau mengakibatkan ketidakpuasan cenderung diulang.
 
Tempat-Tempat Utama Psikologi Perilaku

  1. Belajar adalah hasil dari asosiasi seperti yang dijelaskan dalam pendekatan Pengkondisian Klasik Pavlov.
  2. Gamuts faktor mempengaruhi berbagai tahap pengkondisian klasik. Selama tahap pertama yang juga dikenal sebagai tahap akuisisi di mana respon perilaku dibuat dan diperkuat. Selama tahap akuisisi, berbagai faktor seperti keberadaan rangsangan dan waktu penyajian rangsangan pada dasarnya akan menentukan seberapa cepat suatu asosiasi dapat dibangun. Di sisi lain, selama tahap kepunahan ketika asosiasi melemah, kekuatan dari respon terkondisi yang akan mempengaruhi seberapa cepat kepunahan akan terjadi.
  3. Belajar juga dapat diintegrasikan dengan imbalan dan hukuman seperti yang dijelaskan dalam Behavioural Operant Conditioning Skinner. Tidak hanya ini, jadwal penguatan atau waktu yang diikuti juga akan memainkan peran penting dalam perolehan perilaku baru atau melemahnya perilaku yang tidak dapat diterima. Bala bantuan dapat bersifat kontinu atau parsial yang dapat diberikan pada interval atau jadwal tetap dalam bentuk kenaikan gaji, promosi atau tunjangan yang menguntungkan bagi karyawan dalam pengaturan organisasi.
  4. Behavioural Psychology telah berkembang sebagai bidang penyelidikan ilmiah dengan kontribusi dari berbagai psikolog seperti Edward Thorndike (Law of Effect) dan Clark Hull (Drive Theory).
  5. Behavioural Psychology telah menjadi dasar untuk berbagai intervensi terapeutik yang digunakan untuk mengobati berbagai gangguan perilaku dan membantu dalam melatih orang dalam memperoleh keterampilan baru atau pola perilaku yang diinginkan.

Kekuatan dan Kelemahan Pendekatan Psikologi Perilaku

Pendekatan Perilaku didasarkan pada metode ilmiah yang dapat diamati, diuji, dikuantifikasi dan diteliti lebih lanjut untuk menjelaskan berbagai proses perilaku. Pendekatan perilaku dapat digunakan dalam bidang terapi untuk mengubah atau membentuk perilaku berbahaya atau maladaptif baik pada orang dewasa maupun anak-anak.
 
Berbagai terapis perilaku mengikuti teori Skinner tentang pengkondisian operan yang menyatakan bahwa perilaku dapat diperkuat atau dilemahkan dengan bantuan hadiah dan hukuman. Perilaku radikalnya mendalilkan kerangka atau model “tiga kemungkinan”, yang berupaya menganalisis hubungan antara perilaku, lingkungan, dan pikiran. Ini kemudian memunculkan model lain Applied Behavior Analysis (ABA) untuk menjelaskan bagaimana intensitas perilaku dapat diperkuat atau dilemahkan dengan menggunakan hukuman dan penghargaan.
 
Di sisi lain, behaviorisme telah dikritik karena terbatas pada satu dimensi saja sementara mengabaikan parameter penting lainnya seperti suasana hati, pikiran dan perasaan yang merupakan proses internal. Selain itu, Pendekatan Perilaku gagal menjelaskan pembelajaran yang terjadi tanpa adanya hukuman atau penghargaan.
 
***
Solo, Jumat, 2 Agustus 2019. 9:19 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko