Anda adalah Kolaborasi

Kamis, 2 Februari 2023 | 11:07 WIB
0
77
Anda adalah Kolaborasi
image: PT

Nyatanya, hidup Anda bergantung padanya.

Poin-Poin Penting

  • Kesehatan seseorang bergantung pada kolaborasi berbagai organisme mikroskopis. Penyakit terjadi ketika lingkungan kolaborasi internal gagal.
  • Sama seperti sel-sel di dalam tubuh, ketika manusia saling berkolaborasi, mereka dapat memberikan hasil yang mencengangkan.
  • Masalah seperti kemiskinan dan kelaparan dapat diselesaikan jika orang-orang yang berkuasa memutuskan bahwa masalah ini seharusnya tidak ada lagi.

Pernahkah Anda berpikir tentang siapa Anda? Pertanyaannya mungkin tampak sederhana pada awalnya tetapi dapat dijawab dari perspektif yang berbeda. Baru-baru ini saya menemukan buku luar biasa Peter Godfrey-Smith, Metazoa: Animal Minds and the Birth of Consciousness, dan saya terkejut menemukan jawaban atas pertanyaan tentang apa kita ini yang belum pernah saya pertimbangkan sebelumnya.

Kolaborasi Makhluk Hidup

Ada banyak hal yang disukai tentang buku Godfrey-Smith. Ini adalah petualangan yang luar biasa dalam mempelajari lebih lanjut tentang segala macam makhluk yang berbeda dan cara mereka berfungsi. Terlepas dari perbedaan yang jelas di seluruh dunia makhluk hidup, ada beberapa kesamaan yang mencengangkan juga. Namun, bagian yang paling menggelitik saya adalah pernyataan bahwa "Hewan dan tumbuhan adalah kolaborasi sel yang sangat besar." (Godfrey-Smith, 2020). Saya tidak pernah memikirkan makhluk hidup sebagai kolaborasi sebelumnya.

Saya sudah lama tahu bahwa kita terdiri dari triliunan sel yang terus tumbuh, hidup, mati, dan diganti. Sel itu sendiri adalah makhluk hidup kecil yang lengkap. Organisme bersel tunggal berjumlah ribuan, tetapi bukan itu yang ingin saya fokuskan di sini. Jauh di masa lalu, makhluk bersel tunggal terhubung bersama dan membentuk makhluk bersel banyak. Tumbuhan dan hewan yang sangat kita kenal saat ini adalah hasil dari proses kolaborasi itu.

Kolaborasi menjadi lebih mengejutkan jika kita memikirkan tentang semua organisme yang terpisah dan berbeda yang hidup di dalam diri kita. Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi agak aneh bagi saya untuk menganggap diri saya sebagai tuan rumah tanpa disadari sejumlah besar bakteri, virus, jamur, dan berbagai macam binatang kecil lainnya. Bukan detail di sini yang penting untuk tujuan saya. Pelajaran bagi saya dalam wahyu ini adalah betapa pentingnya kolaborasi.

Pentingnya Kolaborasi

Pada semua jenis level yang berbeda, kita berada dalam kondisi terbaik kita ketika banyak orang yang berkolaborasi seperti orkestra yang disetel dengan baik. Masalah terjadi ketika kolaborasi terganggu. Masalah diperbaiki saat keseimbangan dipulihkan.

Segala macam penyakit terjadi ketika komunitas di usus kita terganggu dengan cara yang mengganggu kuantitas dan komposisi kota metropolis mikroskopis yang berkembang pesat ini. Demikian pula, gejolak dan keresahan psikologis muncul ketika ambisi dan harapan kita mulai menjauh daripada bersatu. Konflik antara tujuan dan keinginan yang bertentangan dapat menghasilkan stres dan penderitaan yang melemahkan.

Kehidupan yang puas adalah kehidupan yang bekerja sama. Sebuah simfoni daripada hiruk-pikuk. Kita dapat menerapkan prinsip ini tidak hanya pada individu tetapi juga pada kumpulan individu. Dengan cara yang sama bahwa kerja sama makhluk bersel tunggal menghasilkan tontonan menakjubkan tumbuhan dan hewan yang menghuni planet kita saat ini, ketika kita sebagai individu saling berkolaborasi, kita dapat menghasilkan hasil yang mencengangkan.

Bencana Serius Membutuhkan Solusi Kolaboratif

Ketika kolaborasi rusak, dampaknya bisa menghancurkan. Segala macam kekejaman sosial, seperti perang dan kekerasan antarpribadi, dapat dicirikan sebagai kegagalan kolaborasi. Bencana serius yang mengancam desa global kita seperti perubahan iklim, kemiskinan, kelaparan, dan ketidaksetaraan membutuhkan solusi kolaboratif. Faktanya, masalah seperti kemiskinan dan kelaparan dapat diselesaikan dalam semalam jika orang-orang yang berada dalam posisi berkuasa dan berpengaruh menjadi bosan dengan masalah tersebut dan memutuskan bahwa masalah tersebut seharusnya tidak ada lagi. Ketimpangan hanyalah ciri lanskap global kita karena mereka yang dapat mengubah situasi tidak memiliki keinginan untuk melakukannya.

Oxfam merilis laporan baru bertepatan dengan pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di mana mereka mengungkapkan bahwa 1 persen teratas dunia memperoleh hampir dua pertiga dari $42 triliun kekayaan baru yang telah diciptakan sejak tahun 2020 (Aljazeera, 2023). Ini adalah anti-kolaborasi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bayangkan di mana kita berada jika kebijakan, hukum, standar, dan peraturan membutuhkan kolaborasi. Jika kecemerlangan dan kecerdikan 1 persen teratas dapat dimanfaatkan untuk kebaikan planet ini daripada hanya untuk keuntungan saldo bank mereka, sulit untuk membayangkan jenis utopia-untuk-semua yang mungkin dapat kita ciptakan.

Kolaborasi adalah fitur penting dari diri kita. Menjalani kehidupan yang tidak terbebani membutuhkan kolaborasi baik di dalam maupun di antara individu. Semua lautan kolaborasi ini didasarkan pada desain kendali. Setiap makhluk hidup, dari sel tunggal hingga miliaran sel yang bekerja sama, adalah pengendali. Memahami diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita sebagai pengendali yang berkolaborasi dapat membantu kolaborasi terjadi lebih sering.

Menghargai pentingnya kolaborasi membuat kata-kata fisikawan medis Amerika yang hebat William (Bill) T. Powers, semakin bernubuat: “Masa kecil umat manusia masih jauh dari selesai. Jalan kita masih panjang sebelum kebanyakan orang memahami bahwa apa yang mereka lakukan untuk orang lain sama pentingnya untuk kesejahteraan mereka seperti apa yang mereka lakukan untuk diri mereka sendiri.”

***
Solo, Kamis, 2 Februari 2023. 11:01 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko