Kamu Tidak Salat!?

Mengapa soal salatnya mereka ditanyakan? Saya pikir lebih baik mereka ditanyai apakah mereka pakai celana dalam atau tidak.

Jumat, 29 Juli 2022 | 06:34 WIB
0
128
Kamu Tidak Salat!?
Ilustrasi CFW (Foto: Facebook.com)

Seumur hidup rasanya saya tidak pernah bertanya pada siapa pun apakah dia salat atau tidak, bahkan pada anak saya sekali pun. Saya merasa pertanyaan tersebut tidak sopan dan sama dengan pertanyaan, "Berapa gajimu yang kamu berikan pada istrimu?" atau "Apakah kamu sudah menabung untuk naik haji?" pada siapa pun. 

Pada anak-anak saya hanya bertanya, "Kamu sudah salat?' untuk memastikan bahwa mereka sudah melaksanakan kewajibannya. Itu pun kalau mereka ada di rumah dan kami tidak sempat salat berjamaah. Kadang-kadang saja kalau mereka sedang di luar kota dan kami telpon pagi-pagi maka kami tanyakan, "Sudah salat Subuh?" Sebagai ayah mereka saya rasa patutlah kalau saya masih menanyakan hal tersebut pada mereka. 

Pada adik-adik dan keponakan saya pun tidak pernah saya menanyakan soal salat atau tidaknya mereka. It's none of my business.  Soal mereka melaksanakan kewajiban salat atau tidak adalah urusan pribadi masing-masing. Kita yang muslim sejak lahir sudah tahu benar bahwa salat adalah kewajiban agama dan jika kita tidak mau melaksanakannya maka itu adalah urusan kita masing-masing pada Tuhan. 

Lho...! Bukankah kita wajib mengingatkan sesama muslim yang tidak melaksanakan perintah Tuhan? Lha emangnya mereka LUPA dan perlu kita ingatkan...?! 

Jangankan lupa soal salat, lha wong teman dan saudara yang lupa tidak bayar utangnya saja saya sungkan mengingatkan kok...! Saya sungguh tidak yakin bahwa mereka itu LUPA.

Mungkin mereka memang belum punya uang untuk membayar jadi mereka pura-pura lupa dengan harapan saya juga lupa. Alhamdulillah kok saya memang sering lupa. Namanya juga orang sudah tua. 

Saya nulis ini karena terpantik oleh berita tentang CFW di mana ada yang bertanya pada remaja yang sedang euforia mejeng di trotoar apakah mereka salat atau tidak. What...?! 

Mengapa soal salatnya mereka ditanyakan? Saya pikir lebih baik mereka ditanyai apakah mereka pakai celana dalam atau tidak. 

Madigondo, 27 Juli 2022

Satria Dharma