NFT

Karya seni termasuk "non-fungible". Karya lukisan Van Gogh tidak bisa ditukar dengan karya lukisan Affandi misalnya.

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:40 WIB
0
294
NFT
NFT (Foto: CNN Indonesia)

Waktu membaca berita tentang NFT (Non-Fungible Token) yg bisa menghasilkan puluhan ribu bahkan jutaan dolar, saya jadi tergelitik untuk mencari tahu.

Pertama-tama, terus terang diksi "fungible" ini belum pernah saya dengar sebelumnya. Menebak-nebak pun saya tak mampu menjabarkan maknanya. Apa ini ada hubungan dengan "fungi" yang artinya "jamur". Rasanya bukan.

Jadi, saya buka Google untuk minta bantuan definisi kamus. Dan inilah salah satu definisi kamus tentang "fungible" (lihat screenshot di bawah). 

Saya kutip di sini: Fungible—which derives from the Latin verb fungi, meaning "to perform" (no relation to the noun fungus and its plural fungi)—is a word that often shows up in legal and political contexts. Something fungible can be exchanged for something else of the same kind. For example, when we say "oil is a fungible commodity," we mean that when a purchaser is expecting a delivery of oil, any oil of the stipulated quantity and quality will usually do. Another example of something fungible is cash. It doesn't matter what twenty dollar bill you get—it's still worth the same amount as any other twenty dollar bill. In contrast, something like a work of art isn't fungible; a purchaser would expect a specific, identifiable item to be delivered. In broader use, fungible can mean "interchangeable," or sometimes "readily changeable to adapt to new situation."

Kira-kira maksudnya: Barang yang "fungible" adalah barang yang dapat ditukar dengan barang lain yang sejenis. Misalnya, minyak termasuk barang yang "fungible". Pembeli akan menerima minyak yang mana saja yang sdh tertuang dalam perjanjian tentang kualitas dan kuantitasnya.

"Cash" juga termasuk fungible, karena uang kertas 20 dolar yang mana saja bisa diterima, nilainya sama 20 dolar. Sebaliknya, karya seni termasuk "non-fungible". Karya lukisan Van Gogh tidak bisa ditukar dengan karya lukisan Affandi misalnya.

Adapun tentang "Non-Fungible Token" yang saya singgung di awal tulisan saya belum bisa memahami, atau to be exact baru ngerti sedikit-sedikit. Soalnya ini berbicara tentang perdagangan virtual, seperti crypto currency dan sebagainya yang saya buta sama sekali.

Mungkin saya harus berulang-ulang membaca penjelasan tentang NFT ini baru bisa memahami maksudnya. 

***

#bahasa

______________________________________