Kasi Bimkemas Lapas Kelas I Malang Beri Pengarahan Napiter

Rabu, 12 April 2023 | 16:18 WIB
0
52
Kasi Bimkemas Lapas Kelas I Malang Beri Pengarahan Napiter
Kasi Bimkemas Lapas Kelas I Malang Beri Pengarahan Napiter | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Rabu (12/4/2023) Kasi Bimkemas Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Muhammad Faishol Nur memberikan pengarahan pada Napiter atau Napi dengan pidana terorisme yang dilakukan di ruangan beliau.

Dalam arahannya, Faishol memberikan nasehat untuk mengikuti berbagai program pembinaan kepribadian dan kemandirian yang ada di dalam Lapas Kelas I Malang. Ada program yang wajib namun ada pula program pembinaan disesuaikan dengan minat para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Juga ada pembinaan tentang bernegara dan berbangsa melalui Admisi Orientasi yang diikuti WBP setelah mendapat vonis berketetapan dari Pengadilan.

Bulan Ramadhan juga sebagai momentum para WBP untuk mengikuti berbagai kegiatan keagamaan Islam di bulan ini. Mulai dari kegiatan di Masjid At taubah mulai pagi hingga malam. Lapas Kelas 1 Malang memiliki WBP dengan berbagai pidana yang salah satunya adalah Terorisme. Program pembinaan diikuri oleh semua WBP. Banyak WBP dengan pidana terorisme ini yang berikrar kembali setia pada NKRI setelah mengikuti berbagai pembinaan dan mendapat arahan petugas salah satunya ada Kasi Bimkemas.

Kasi Bimkemas, Muhammad Faishol Nur mengatakan pengarahan yang dilakukan merupakan bentuk program pembinaan yang ada di dalam Lapas. Selain itu juga sebagai media mendekatkan dengan WBP untuk menyukseskan pembinaan sehingga WBP bisa optimal mengikuti progran pembinaan agar mereka berkelakukan baik serta menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)