Media Ponsel

Jawabannya: sesuatu yang bersifat kolaboratif dan konten yang dihasilkan para pengguna. Sederhananya sebut saja media sosial.

Minggu, 10 Januari 2021 | 06:26 WIB
0
256
Media Ponsel
Ilustrasi media ponsel (Foto

Sebelumnya, mari mengheningkan cipta atas gugurnya Koran Tempo dan Indo Pos yang selama ini telah berjasa memberi informasi bermanfaat kepada pembacanya. Nyatalah bahwa koran cetak sudah memasuki senjakala, bukan lagi di ambang senja.

Apakah gugurnya media cetak akibat kehadiran media online? Saya jawab BUKAN. Lalu kalau mau mencari kambing hitam, siapa yang merontokkan koran kertas? Jawabannya; media ponsel.

Media ponsel?

Ya, mode ponsel, yang kini sedang berada di telapak tangan Anda!

Dengan media ponsel di tangan, media online pun kini mendapat ancaman serius! Media online (atau media cetak yang beralih ke media online/digital) hanya akan mengais-ngais remah-remah sisa media ponsel.

Media ponsel yang akan terus berjaya minimal dalam satu dekade ke depan sebelum "media aether" mewujud.

Lalu apa isi media ponsel yang sedemikian bersifat mengancam itu?

Jawabannya: sesuatu yang bersifat kolaboratif dan konten yang dihasilkan para pengguna. Sederhananya sebut saja media sosial.

Sejenak saya bawa ke fungsi klasik media massa, yaitu memberi informasi (to inform), mendidik (to educate), menghibur (to entertain) dan menginspirasi (to inspire). Sekarang, tinggal pilih saja apa saja fitur atau media yang cocok dengan keempat fungsi klasik di atas.

Di bidang informasi, ada Twitter dan Facebook yang sangat perkasa. Mendidik salah satunya Wikipedia dan aplikasi berlajar-mengajar lainnya (seperti Arkademi di sini). Menghibur ada Youtube yang tak tergoyahkan, juga Netflix yang bisa membangkrutkan cinema dan industri musik. Menginspirasi ada ratusan aplikasi yang bermanfaat untuk kesehatan (Halodoc, kalau mau menyebut nama), Whatapps untuk percakapan, Instagram, Tik Tok dan seterusnya.
Di mana media-media itu berada?

Semua terkumpul di ponsel yang tersambung ke Internet.

Di telapak tangan Anda.

***