Kultum Tarawih [1]: Sesungguhnya Kita Sedang Dipermudah Berpuasa

Jika umat Islam konsisten #DiRumahSaja selama puasa, kita berkontribusi untuk memutus rantai penularan dan membawa Idul Fitri kita menjadi kemenangan atas hawa nafsu.

Minggu, 26 April 2020 | 08:31 WIB
0
250
Kultum Tarawih [1]: Sesungguhnya Kita Sedang Dipermudah Berpuasa
Berdoa (Foto: The Jakarta Post)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Para jamaah yang dirahmati Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Alhamdulillah wa syukurillah, hari ini Allah berikan kesempatan pada kita semua untuk kembali bertemu dengan bulan suci Ramadan, meski dengan suasana berbeda. Semoga tidak mengurangi semangat kita untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Tak lupa kita persembahkan salawat kepada Nabi Agung Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam, yang moga-mogalah kita termasuk kaum yang menerima syafaat beliau kelak, aamiin ya rabbal alamin.

Bulan Ramadan kali ini kita alami dengan suasana yang berbeda. Dulu kita bisa bertarawih rame-rame di langgar, musala, dan masjid sambil bersilaturahmi. Dulu suara tadarus, kegiatan bocah di musala, dan buka bersama menjadi keseharian kita. Ndilalah karena adanya wabah coronavirus, kita amalkan ketaatan kita pada ulil amri, sesuai ayat "Ati'ullaha wa ati'urrasul, wa ulil amri minkum," untuk beribadah di rumah.

Semestinya puasa kita bulan Ramadan ini, sesuai tujuan puasa pada Al Baqarah ayat 183 "Ya ayyuhal ladzina amanu kutiba alaikumus shiyamu kama kutiba alal ladzina min qablikum laallakum tattaqun", puasa diwajibkan supaya kita bertakwa. Dengan kita beribadah di rumah, tidak ada kegiatan di rumah, insya Allah, ketakwaan bisa kita raih dengan lebih fokus dan syahdu bersama keluarga.

Biasanya, puasa memang merupakan ibadah yang physically demanding, membutuhkan fisik yang prima. Sesungguhnya anjuran #DiRumahSaja memudahkan kita berpuasa. Bisa puasa sambil mager rebahan tanpa khawatir capek atau kegoda warung buka untuk mokah. Bisa bersama keluarga merefleksi diri, beribadah, dan memperbaiki keimanan kita tanpa distraksi.

Dan dengan demikian, jika umat Islam konsisten #DiRumahSaja selama puasa, insya Allah kita berkontribusi untuk flattening the curve, memutus rantai penularan, dan insya Allah membawa Idul Fitri kita menjadi kemenangan atas hawa nafsu, dan kemenangan atas coronavirus.

Wallahu a'lam, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***