Virus Covid-19 Varian Pirola, Varian Baru yang Akan Membuat Repot Dunia

Kamis, 31 Agustus 2023 | 10:16 WIB
0
60
Virus Covid-19 Varian Pirola, Varian Baru yang Akan Membuat Repot Dunia
Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memeriksa pasien diruang ICCU/Foto : Dokpri

Setelah negara Indonesia selesai melewati fase pandemi covid-19 dari varian lama hingga varian baru. Kini muncul kembali varian baru virus Covid-19 yaitu varian Pirola. Setelah sebelumnya muncul varian delta, varian gama, varian, omicron dll. Varian terbaru Covid-19 otomatis akan memiliki ciri khas gejala yang berbeda yang harus kita waspadai, dikarenakan sebelumnya kita pernah mengalami fase kolaps yang luar biasa karena pandemi covid-19.

            Varian virus covid-19 Pirola mempunyai nama lain yaitu Virus BA.2.86 tersebut terdeteksi dibeberapa negara yaitu negara Amerika Serikat, Denmark, Inggris dan israel. Dilansir dari penelitian USA Today kasus ini ditemukan pada bulan Agustus 2023 dengan temuan pasien yang positif varian Pirola tersebut.

            Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi merilis bahwa Virus Covid-19 varian Pirola resmi ditemukan serta terdapat beberapa pasien yang sudah terkonfirmasi virus tersebut. Virus Pirola sendiri merupakan salah satu virus turunan dari virus Omicron BA.2 yang mempunyai tingkat penularan yang cukup progresif.

            Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh WHO virus varian baru Pirola ini memiliki tingkat penularan yang jauh lebih tinggi serta lebih cepat daripada virus sebelumnya. Virus Pirola sebagai strain memiliki mutasi yang memiliki jumlah yang sangat besar yaitu memiliki sekitar 30 mutasi protein lonjakan yang berbeda dari XXB.1.5 yang artinya virus Pirola bisa menumbangkan sistem kekebalan yang sudah dibangun oleh sistem kekebalan tubuh manusia.

            Virus Pirola Memiliki Risiko untuk menjadi wabah berpotensi lebih besar secara internasional dikarenakan memiliki tingkat akumulasi lebih banyak mutasi. Virus Pirola memiliki karakteristik garis keturunan yang bagus serta berpotensi mengungguli varian sebelumnya seperti varian omicron dan varian delta.

            Tanda dan gejala Virus Pirola antara lain Pilek, Batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, kelelahan, bersin – bersin, sakit tenggorokan dan perubahan fungsi indera penciuman. Sedangkan untuk tanda dan gejala yang lain tidak memiliki karakteristik yang unik.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan meskipun Virus Covid-19 ke depan akan bermutasi berjuta – juta kali itu adalah hal yang wajar dikarenakan siklus hidup virus memang begitu. Tetapi yang perlu diwaspadai adalah bagaimana supaya kita tidak tertular oleh varian virus baru tersebut. Hal yang yang harus diperhatikan untuk mencegah virus baru Pirola adalah melaksanakan Prokes dengan baik seperti mencuci tangan dengan antiseptik dengan air mengalir, memakai masker, makan sehat, olahraga secara teratur, Vaksin Booster, menghindari stres, banyak minum air putih dan yang paling penting adalah segera periksakan diri ke dokter apabila merasa tidak enak badan supaya tidak menularkan kepada orang lain. Dengan begitu maka siklus virus varian baru akan terputus dengan sendirinya. *Red