5 Vitamin Kesehatan Mata yang Bagus Dikonsumsi

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Rabu, 27 Juli 2022 | 11:40 WIB
0
97
5 Vitamin Kesehatan Mata yang Bagus Dikonsumsi
Image: Unsplash

Memang dianjurkan agar mengonsumsi suplemen vitamin kesehatan mata di era digital ini.

Gadget telah menjadi alat yang dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan mata Anda. Jika gadget tidak dikontrol dengan baik, cahaya darinya dapat mengurangi kinerja mata. Rabun jauh, rabun dekat, dan kelelahan mata adalah beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan.Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kacamata anti UV atau makan sayur dan buah. Beberapa pilihan bisa digunakan untuk membuat mata sehat kembali.\


Salah satu cara untuk membantu mengontrol penggunaan gadget dan konsumsi vitamin kesehatan mata adalah dengan mengontrol berapa banyak waktu yang dihabiskan setiap orang untuk menggunakannya. Anda harus berusaha membatasi penggunaan gadget untuk menghemat energi Anda. Mungkin sulit untuk melakukannya, tetapi penting untuk dicoba. Mungkin sulit untuk menghentikan kebiasaan yang telah dilakukan setiap hari.

Baca juga: Deretan Zat yang Terkandung pada Suplemen untuk Penderita Asam Lambung

5 Vitamin Kesehatan Mata 

Untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu makan dan minum yang bergizi. Jika Anda perlu meningkatkan kesehatan Anda dengan cara lain, minumlah vitamin juga. Beberapa vitamin dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata Anda hingga usia tua.

1. Vitamin C

Antioksidan vitamin C dibutuhkan bukan sekadar melawan pilek. Vitamin C juga membantu melindungi penglihatan, melawan radikal bebas, dan membantu tubuh menyerap lebih banyak mineral dan nutrisi.

2. Vitamin E

Vitamin E, vitamin A, dan vitamin C bekerjasama menjaga sel dan jaringan agar tetap kuat dan terlindungi dari efek peradangan. Sebuah penelitian pada tahun 2008 yang melibatkan 35.000 orang dewasa menemukan mereka dengan tingkat lutein dan vitamin E yang tinggi memiliki risiko katarak relatif lebih rendah daripada yang memiliki asupan lebih rendah.

3. Seng

Kombinasi seng dengan vitamin lain membantu melindungi retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. Zinc adalah salah satu nutrisi terpenting membantu penyerapan nutrisi dan melawan peradangan dan kerusakan sel. Seng menguntungkan jaringan di mata karena memainkan peran penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel, menjaga kesehatan sirkulasi, menyeimbangkan hormon yang mencegah reaksi autoimun, dan mengendalikan inflamasi sitokin yang menyerang jaringan. Seng bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan, daging hewan herbivora seperti kambing dan sapi, serta kacang-kacangan.

4. Vitamin A (Beta Carotene)

Vitamin A adalah antioksidan untuk mencegah hilangnya penglihatan yang disebabkan oleh penyakit degeneratif, seperti katarak dan makula. Studi juga menunjukkan bahwa vitamin A dengan antioksidan lainnya membantu memperlambat perkembangan neuropati atau kerusakan saraf, termasuk neuropati diabetes yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

5. Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan. Omega-3 menstabilkan kadar gula darah, yang menurunkan respons inflamasi, membantu melawan kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes, meningkatkan sirkulasi dan membantu menghentikan sel untuk bermutasi.

Baca juga: Cara Rawat dan Rekomendasi Vitamin Kesehatan Mata sesuai Usia

Nah itu dia beberapa vitamin yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Semoga artikel ini bermanfaat.