Malah Mau Dibangun Gedung Bertingkat

Di tengah kekawatiran ancaman banjir, muncul kegelisan baru warga Taman Alfa Indah. Tanah kosong tempat resapan air dekat Blok I, sampai ke pinggir kali seluas 2.000-an meter persegi mau dibangun Sekolah Terpadu.

Selasa, 21 Desember 2021 | 06:39 WIB
0
382
Malah Mau Dibangun Gedung Bertingkat
Banjir (Foto: Dok. pribadi)

Belum dua jam hujan mengguyur deras wilayah Jakarta Selatan, Senin (20/12/2021) perumahan Taman Alfa Indah sudah tergenang.

Ancaman banjir di beberapa blok perumahan ini sebenarnya rutin dialami setiap tahun. Jangan sampai dua jam lebih hujan lebat. Apalagi tiga jam seperti hujan deras tiada henti pada malam Tahun Baru 2020 dua tahun silam.

Maka tak ampun lagi sebagian besar jalan di jantung komplek ini ngga bisa dilalui kendaraan. Bahkan sebagian besar Blok I pada kedatangan "tamu tahun baru". Air masuk rumah setengah meter alias setinggi sofa. Kulkas dua pintupun berdansa, goyang diterpa genangan air. Laci-laci buku yang tak sempat diamankan, ya wassalam...

Setahun terakhir ini, lumayan ada tindakan dari Dinas yang berwenang dari Jakarta Selatan. Sementara bagian perumahan yang masuk wilayah Jakarta Barat bergeming. Pihak Selatan mulai mengeruk Kali Pembuangan yang membelah perumahan, menjadi lebih dalam satu meter. Beberapa beton pinggir kali juga dibenahi. Syukurlah.

Tetapi ternyata memang alam sepertinya belum bisa dilawan. Sudah dua kali hujan deras musim ini sejak November 2021, banjir terus mengancam. Dua jam hujan? Pasti air mengintip teras. Siap masuk rumah nggak pakai "kula nuwun" spadaa...

Beberapa sumur resapan? Malu-malu berfungsi karena letaknya terlalu tinggi (lihat gambar). Kali pembuangan pun, kurang dua jam sudah mau penuh. Sejam lagi hujan deras, dipastikan air di Kali Pembuangan melimpas ke rumah-rumah. (Lihat gambar).

Di tengah kekawatiran akan ancaman rutin ini, muncul kegelisan baru bagi warga Taman Alfa Indah. Tanah kosong tempat resapan air dekat Blok I, sampai ke pinggir kali seluas 2.000-an meter persegi mau dibangun Sekolah Terpadu. Pergub (Peraturan Gubernur) sudah turun. Tinggal izin bangunan. Menurut pihak yang mau membangun, di tanah kosong ini akan dibangun dua gedung bertingkat.

Yaa ampun. Apa nggak bakal terendam lagi tuh warga perumahan, jika bangunan bertingkat jadi dibangun? Sudah beberapa kali warga berteriak lewat Surat Pembaca di surat kabar, agar persoalan sungai pembuangan yang sudah tak mampu menampung luapan air perumahan itu dibereskan dari hulu ke hilir. Kok malah dijawab Pergub soal pembangunan gedung bertingkat Sekolah Terpadu?

Ibarat menjawab keluhan warga yang terancam dengan ancaman baru....

JIMMY S HARIANTO (20/12/2021)