Cara Mengetahui Penyakit Asma Sejak Dini

Bila melihat gejala asma, sebaiknya penderita segera pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan, terutama jika orang tuanya mengidap penyakit tersebut.

Selasa, 4 Januari 2022 | 16:30 WIB
0
116
Cara Mengetahui Penyakit Asma Sejak Dini
Asma

Asma merupakan penyakit pernafasan kronis yang cukup umum di negara kita. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian mendadak jika tidak dilakukan intervensi tepat waktu selama serangan asma. Penting untuk secara proaktif mencegah dan mendeteksi penyakit sejak dini dengan gejala asma yang khas untuk memulai pengobatan dini dan membatasi efek penyakit.

Apa itu asma?

Asma disebut juga asma bronkial. Ini adalah penyakit radang kronis pada saluran pernapasan. Penyakit ini terjadi ketika saluran udara menjadi meradang, bengkak, sekresi lendir, dan kejang terjadi ketika mereka menghadapi iritan yang menghalangi udara masuk ke paru-paru, menyebabkan pasien kekurangan oksigen dan membuat sulit bernapas. Penderita akan mengalami gejala seperti batuk, sesak dada, rasa sesak di dada seperti sesak, sesak nafas, mengi...

Asma tidak memiliki obat yang hanya dapat membantu mengendalikan penyakitnya. Artinya, penyakit ini bisa kambuh lagi jika tidak dipantau dan diperiksa secara rutin oleh dokter.

Siapa yang lebih rentan terkena asma?

Asma tidak menular, tetapi merupakan penyakit genetik. Jika Anda memiliki orang tua dengan asma, risiko Anda terkena serangan asma cukup tinggi. Selain itu, penyebab pasti asma belum ditentukan. Tetapi banyak penelitian medis telah menemukan bahwa salah satu gen yang ada dalam tubuh manusia mampu menyebabkan asma. Orang dengan alergi juga berisiko lebih tinggi.

Tanda-tanda asma

Penting untuk memperhatikan tanda-tanda peringatan asma untuk proaktif pergi ke dokter dan mendeteksi penyakit sejak dini.

Gejala asma meliputi:

- Batuk banyak, terutama pada malam dan pagi hari
- Batuk setelah kerja keras, kerja berat, pengerahan tenaga, olahraga...
- Batuk saat cuaca berubah
- Batuk dan kesulitan bernafas saat terkena alergen tertentu
- Ada mengi yang terjadi berkali-kali
- Dingin berkepanjangan

Gejala di atas membaik saat menggunakan bronkodilator
Bila melihat gejala asma di atas, sebaiknya penderita segera pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan, terutama jika orang tuanya mengidap penyakit tersebut.

Skrining untuk deteksi dini penyakit untuk segera mengontrol dan mengobati penyakit

Melakukan pemeriksaan klinis, anamnesis, pengukuran fungsi pernafasan, pemeriksaan THT dan skrining asma bronkial.
Rumah Sakit memiliki tim dokter yang sangat berkualitas dan berpengalaman, dilengkapi dengan fasilitas dan peralatan modern untuk diagnosis dan stadium pra-perawatan.

Obat Asma

Salah satu obat asma yang telah terbukti khasiatnya, bisa dibaca testimoni mosehat , berupa ekstrak daun kelor.

Demikianlah semoga bermanfaat

***