Kepribadian Dapat Diubah di Tempat Kerja

Sebagai individu, merangkul gagasan pengembangan kepribadian dapat memungkinkan kita untuk mengambil perspektif yang lebih berpikiran terbuka terhadap pengalaman hidup kita.

Jumat, 14 Mei 2021 | 19:43 WIB
0
205
Kepribadian Dapat Diubah di Tempat Kerja
foto: Business Partner Magazine

Kepribadian kita dapat berubah lebih dari satu kali pikiran — dan pekerjaan kita dapat membantu.

Poin Penting

  • Kepribadian umumnya cukup stabil, tetapi tidak statis — ia dapat dan sering berubah seiring waktu.
  • Lingkungan kerja kita dapat menjadi kontributor utama perubahan kepribadian, baik ke arah positif maupun negatif.
  • Ketidakamanan pekerjaan, misalnya, dapat berkontribusi pada peningkatan neurotisme, sementara peran kepemimpinan dapat berkorelasi dengan kesadaran yang lebih besar.
  • Pada akhirnya, hubungan antara kepribadian dan lingkungan kerja cenderung dua arah — keduanya membentuk satu sama lain.

Kebanyakan orang percaya bahwa kepribadian pada umumnya sangat stabil — dan dalam banyak hal, mereka benar. Jika Anda seorang ekstrovert, misalnya, tidak mungkin Anda berubah menjadi seorang introvert dalam semalam.

Memang, penelitian kepribadian selama abad terakhir berfokus terutama pada sifat kepribadian yang bertahan dan konsisten; aliran dominan penelitian (model Lima Besar) berfokus pada lima ciri kepribadian dasar sebagai kerangka dasar kepribadian manusia. Dan dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakan perspektif yang "tetap" saat menggambarkan diri kita sendiri dan individu lain yang kita temui, dengan mengatakan hal-hal seperti "Saya teliti" atau "dia emosional".

Tetapi apakah kepribadian benar-benar stabil seperti yang cenderung kita yakini?

Semakin banyak, para peneliti dalam psikologi sosial dan kepribadian telah menyimpulkan bahwa kepribadian kurang tetap daripada yang diperkirakan sebelumnya dan sebaliknya secara signifikan lebih dapat ditempa.

Berbagai macam faktor dapat memengaruhi bagaimana kepribadian kita berubah seiring waktu, seperti mengalami peristiwa kehidupan yang signifikan — memulai pekerjaan pertama kita, memulai sebuah keluarga, bercerai, menjadi pengangguran, atau pensiun — dan terpapar pada lingkungan tertentu, seperti memiliki pekerjaan "baik" yang menawarkan otonomi dan kesempatan besar untuk memanfaatkan keterampilan kita.

Mengapa Kepribadian Kita Berubah?

Jika kepribadian berubah, mengapa? Akademisi telah menawarkan berbagai perspektif teoritis selama bertahun-tahun untuk memahami fenomena ini.

Satu perspektif menunjukkan bahwa orang berkembang dan tumbuh menuju kedewasaan, dan mengalami perubahan halus dalam kepribadian mereka saat mereka melakukannya.

Sebagai contoh: Kebanyakan orang, seiring bertambahnya usia, cenderung secara bertahap menjadi lebih mengendalikan diri, lebih sadar diri, lebih bertanggung jawab, dan lebih perhatian. Lintasan perkembangan pribadi seperti itu dapat tercermin dalam ciri-ciri kepribadian kita yang sesuai dengan bidang-bidang ini. Perspektif serupa lainnya menunjukkan bahwa investasi dalam peran sosial — seperti menjadi orang tua, pekerja, atau pemimpin — dapat menyebabkan kita berperilaku dengan cara yang memenuhi harapan peran tersebut.

Pada akhirnya, manusia adalah spesies adaptif, dan kita mengembangkan serta mengubah kepribadian kita sejalan dengan tuntutan lingkungan kita. Namun, penting juga untuk disadari bahwa kita tidak hanya menanggapi lingkungan secara pasif; sebaliknya, kita secara teratur menerapkan hak pilihan individu untuk mengarahkan hidup kita. Ini mungkin terwujud, misalnya, memilih untuk memasuki lingkungan tertentu, seperti mengambil pekerjaan atau karier tertentu. Jadi, hubungan antara kepribadian dan lingkungan kita dapat dianggap timbal balik — keduanya saling membentuk seiring waktu.

Bagaimana Pekerjaan Mengubah Siapa Kita?

Kita semua tahu bahwa pekerjaan memainkan peran penting dalam hidup kita. Kita menghabiskan banyak waktu di tempat kerja; dengan demikian, apa yang kita alami dalam konteks ini dapat sangat memengaruhi perkembangan kepribadian kita. Penelitian dalam domain kepribadian dan psikologi kerja selama dekade terakhir telah mengungkapkan bahwa berbagai faktor terkait tempat kerja penting bagi kepribadian.

Misalnya, karakteristik lingkungan tempat kerja seseorang itu penting. Penelitian telah menunjukkan bahwa otonomi kerja yang tinggi — dengan kata lain, pekerjaan yang memberikan kebebasan kepada karyawan untuk memutuskan apa, kapan, dan bagaimana melakukan pekerjaan mereka — memungkinkan karyawan untuk mengembangkan kepribadian mereka dengan menawarkan rasa kendali.

Di sisi lain, tuntutan waktu tinggi — pekerjaan yang menyediakan waktu terbatas untuk melakukan dan menyelesaikan aktivitas kerja — dan ketidakamanan kerja yang tinggi — pekerjaan yang memiliki ketidakpastian besar dalam hal prospek kerja — cenderung meningkatkan sifat neurotisme kepribadian karyawan dari waktu ke waktu. Tampaknya pekerjaan "berkualitas baik" —seperti yang menawarkan otonomi tinggi dan keamanan tinggi — cenderung membentuk pengembangan kepribadian karyawan secara positif.

Selain itu, pilihan kejuruan kita juga memengaruhi siapa kita nantinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa, misalnya, mengambil posisi kepemimpinan dikaitkan dengan peningkatan sifat kepribadian hati nurani, mungkin karena mengambil tanggung jawab kepemimpinan menuntut pengembangan sifat kepribadian ini. Namun mengambil posisi kepemimpinan juga dapat memiliki konotasi negatif pada pengembangan kepribadian; mungkin, misalnya, mengarah pada peningkatan sifat kepribadian narsisme. Singkatnya, lingkungan kerja dan pilihan karier yang kita buat dapat berdampak besar pada perubahan kepribadian kita.

Bagaimana Kita Dapat Membentuk Kepribadian Kita?

Penelitian yang disebutkan di atas mengungkap bagaimana pekerjaan kita mengubah kepribadian kita. Tetapi itu tidak berarti bahwa kita hanyalah pion bagi lingkungan kejuruan kita. Sebaliknya, kita juga dapat secara aktif membentuk perjalanan kepribadian kita — jika kita memiliki niat dan berkomitmen untuk upaya semacam itu.

Semua manusia berusaha keras untuk mencapai tujuan, dan perubahan kepribadian dapat menjadi salah satu tujuan tersebut. Memang, penelitian menunjukkan bahwa banyak orang berniat mengubah beberapa aspek kepribadian mereka, seperti mengurangi tingkat neurotisme mereka. Namun, tampaknya hanya memiliki tujuan tidak cukup untuk melakukan perubahan kepribadian, karena kita juga perlu melakukan upaya sadar dan bekerja terus-menerus untuk mencapai tujuan ini.

Bawa Pulang

Kepribadian tidak statis seperti yang kita pikirkan. Indahnya realisasi ini adalah memungkinkan kita untuk melihat semua cara bagaimana kepribadian dapat dibentuk dalam proses adaptif yang berkelanjutan. Proses ini tidak hanya melibatkan pengaruh dari lingkungan kita, tetapi juga memasukkan motif dan dorongan individu. Meskipun penelitian empiris tentang perspektif perubahan kepribadian yang relatif baru ini masih muncul, bukti terkumpul yang menjelaskan bagaimana pengalaman kerja dapat membentuk pengembangan kepribadian — serta bagaimana karyawan dapat dengan sengaja mengembangkan tujuan perubahan kepribadian dan melakukan aktivitas kerja untuk mencapai tujuan ini dengan lebih baik. .

Sebagai individu, merangkul gagasan pengembangan kepribadian dapat memungkinkan kita untuk mengambil perspektif yang lebih berpikiran terbuka terhadap pengalaman hidup kita dan menemukan strategi untuk membantu kita menjadi yang kita inginkan.

Sebagai organisasi, mengakui peran pekerjaan dalam pengembangan kepribadian akan memungkinkannya untuk lebih mendukung pertumbuhan kepribadian positif karyawan dalam jangka panjang, seperti dengan menawarkan pekerjaan berkualitas tinggi dan memberikan budaya kerja yang positif, yang pada akhirnya berkontribusi pada perbaikan masyarakat manusia.

***
Solo, Jumat, 14 Mei 2021. 7:16 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko