8 Fakta Menarik Kongres Pemuda Indonesia Kedua

Sebagai acara penutupan, fakta kedelapan, sebelum dibacakannya Ikrar Soempah Pemoeda, Wage Rudolf Soepratman, seorang pemuda Jawa yang mengenalkan lagu Indonesia Raya pertama kalinya .

Senin, 28 Oktober 2019 | 15:52 WIB
0
305
8 Fakta Menarik Kongres Pemuda Indonesia Kedua
ilustr: sisidunia.com

Menyambut hari Sumpah Pemuda yang selalu diperingati setiap tanggal 28 Oktober, di seluruh Indonesia selalu diadakan upacara bendera serentak di sekolah-sekolah  maupun instansi terkait . Tidak jarang juga diadakan lomba puisi dan karya sastra bertemakan Sumpah Pemuda.

Dalam tulisan kali ini anda dapat menyimak beberapa fakta menarik dibalik kongres pemuda 28 Oktober 1928 yang dirangkum dari berbagai sumber.

Fakta pertama, kongres pemuda 1928 adalah kongres pemuda yang kedua. Sebelumnya sudah diselenggarakan kongres pemuda pertama pada 30 April – 2 Mei 1926. Pertemuan berlanjut pada 20 Februari 1927 yang tidak menghasilkan keputusan final. Baru pada 2 Mei 1928 dan 12 Agustus 1928 dibuat pertemuan lagi yang memutuskan diselenggarakannya kongres pemuda ke-2 pada 28 Oktober 1928.

Fakta kedua, pada pertemuan 12 Agustus 1928 telah disusun kepanitiaan yang masing-masing organisasi hanya diwakli oleh satu nama, dan kelak panitia itu pula selaku penanda-tangan ikrar Sumpah Pemuda. Nama-nama panitianya sebagai berikut :

  • Ketua: Sugondo Djojopuspito (PPPI)
  • Wakil Ketua: R.M. Joko Marsaid (Jong Java)
  • Sekretaris: Muhammad Yamin (Jong Sumatranen Bond)
  • Bendahara: Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond)
  • Pembantu I: Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond)
  • Pembantu II: R. Katjasoengkana (Pemuda Indonesia)
  • Pembantu III: R.C.I. Sendoek (Jong Celebes)
  • Pembantu IV: Johannes Leimena (Jong Ambon)
  • Pembantu V: Mohammad Rochjani Su’ud (Pemuda Kaum Betawi)

Fakta ketiga, gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Ke-2 pada 27-28 Oktober 1928 berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia dan disetujui oleh organisasi-organisasi kepemudaan yang ada ketika itu.

Fakta keempat, atas inisiatif PPPI, Kongres Pemuda 1928 diselenggarakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda.

Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Rapat ketiga, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.

Ternyata hingga menjelang berakhirnya masa sidang, konsepsi itu belum tampak ke permukaan. Maka, fakta kelima, pemuda Moehammad Yamin, di sela-sela peserta sidang mendengarkan pidato Mr. Soenario, pun membisiki pimpinan Sidang Mr. Soegondo. “Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan kongres ini),” bisik Moehammad Yamin, seraya menyodorkan secarik kertas.

Setelah sejenak membaca, Soegondo pun langsung memberikan paraf pada secarik kertas yang disodorkan oleh Moehammad Yamin, bahkan Soegondo pun meminta persetujuan kepada pimpinan pemuda lainnya. Rupanya, para pimpinan pemuda setuju dan memberikan paraf di secarik kertas yang disodorkan Moehammad Yamin.

Diantara penanda-tangan Sumpah Pemuda, fakta keenam, terdapat nama Johan Mohammad Chai, seorang keturunan China yang anehnya justru bergabung di Jong Islamieten Bond (Perkumpulan Pemuda Islam).

Fakta ketujuh, berikut ini konsep orisinil Moehammad Yamin yang kemudian dibacakan oleh pimpinan sidang Soegondo :

  • Pertama  - Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  • Kedoewa - Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  • Ketiga       - Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sebagai acara penutupan, fakta kedelapan, sebelum dibacakannya Ikrar Soempah Pemoeda, Wage Rudolf Soepratman, seorang pemuda Jawa yang mengenalkan lagu Indonesia Raya pertama kalinya .

Demikianlah 8 fakta yang terungkap tentang sejarah Sumpah Pemuda Indonesia. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta kecintaaan kita kepada bangsa dan negara.

***
Solo, Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko