Tips Sederhana Meningkatkan IQ

Jumat, 28 Juni 2019 | 13:16 WIB
0
379
Tips Sederhana Meningkatkan IQ
ikustr: Tribunnews

IQ atau intelektualitas seseorang memang ditentukan oleh faktor genetik atau bawaan lahir. Tetapi, hal ini juga dapat diseimbangkan dengan melakukan beberapa hal penting yang bisa memacu peningkatan IQ. Apabila anda ingin melakukan hal tersebut, lakukan tips berikut ini.

Tarik Napas

Dengan menarik napas melalui hidung, maka fungsi otak akan bekerja lebih cepat. Menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan juga bisa membantu otak bekerja lebih optimal karena pasokan oksigen dalam darah yang dibutuhkan otak dapat terpenuhi. Jadi, cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan IQ adalah dengan melakukan olahraga pernapasan.

Membuat Jurnal

Menurut literatur mengenai seorang penulis buku bernama Catherine M.Cox yang mempelajari kebiasaan 300 orang jenius, ditemukan fakta bahwa semua orang jenius merupakan penulis jurnal sekaligus buku harian. Bahkan Thomas Alva Edison menulis 3 juta halaman catatan, surat, dan pemikirannya dalam ratusan jurnal pribadi semasa hidupnya. Maka, jangan takut untuk memulai jurnal atau buku agenda harian anda.

Belajar

Belajar memang membuat tubuh dan pikiran menjadi mudah lelah. Namun, mempelajari banyak hal secara intens sesuai dengan minat dan bakat justru akan membantu meningkatkan IQ anda. Saat anda memperlajari hal baru, maka anda sudah menciptakan aliran arus yang baru pada saraf otak anda. Dengan begitu, anda akan menjadi semakin cerdas.

Membaca Cepat

Beberapa orang mungkin pernah mempelajari teknik membaca cepat. Namun, tidak semua orang mau melakukan hal ini. Apabila anda ingin meningkatkan penalaran dan IQ anda, lakukan latihan membaca cepat untuk membuat anda lebih mudah mengingat dan mencerna sesuatu.

Beristirahat dengan Baik

Jangan hanya belajar dan berlatih saja. Untuk meningkatkan IQ, anda juga perlu beristirahat dengan baik secara berkala. Misalnya, belajar atau bekerja selama 20 menit, lalu beristirahat selama sepuluh menit. Hal ini akan secara efektif membantu anda mencerna, memahami, dan mengingat apa yang sedang anda pelajari.

Gunakan Singkatan Saat Mengingat Sesuatu

Singkatan bagi sesuatu yang dibentuk melalui huruf awal setiap kata akan menjadi metode yang mampu meningkatkan penalaran anda sehingga anda akan mudah mengingatnya. Misalnya saja, saat anda harus mengingat poin-poin, maka bentuklah poin-poin tersebut menjadi singkatan yang bisa anda ingat.

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan merupakan salah satu kebiasaan baik yang terbukti mampu meningkatkan konsentrasi, memecahkan masalah, menambah daya ingat, dan memperbaiki mood. Oleh sebab itu, jangan lupa sarapan agar tubuh mampu mengisi ulang kadar glukosa yang sudah hilang ketika tidur.

Gunakan Gerakan Tubuh

Menggunakan gerakan tubuh saat mempelajari sesuatu juga merupakan metode yang efektif meningkatkan IQ. Gunakan gestur sederhana saat belajar untuk mengingat, memahami, dan mencerna sesuatu.

Meditasi

Bukan hanya masalah kesehatan saja yang bisa diatasi dengan meditasi. Masalah penalaran, daya ingat, dan konsentrasi juga bisa ditingkatkan dengan melakukan kegiatan yang satu ini. Meditasi dipercaya mampu mengubah struktur otak sehingga hal-hal yang membuat anda terganggu akan menjadi pengaruh kecil pada saat anda bermeditasi.

Hindari Makanan Mengandung Gula

Makanan berkarbohidrat dan mengandung banyak gula akan membuat tubuh mudah merasa lemas dan lesu sehingga otak akan susah berpikir jernih dan menumpulkan daya ingat serta konsentrasi. Untuk itu, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi jika ingin otak anda bekerja lebih optimal.

Latihlah Kecerdasan Emosi Anda

Kecerdasan seseorang tidak hanya terlihat dari bagaimana seseorang bisa mengingat dan mencerna sesuatu dengan baik, melainkan juga dari bagaimana cara seseorang mampu melatih kecerdasan emosi saat menghadapi suatu cobaan, ujian, bahkan hukuman sekalipun.

Manfaatkan Setiap Waktu Anda

Belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah atau di kantor saja. Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang anda untuk mengisi teka teki silang, bermain catur, bermain scrabble, atau permainan lain yang berhubungan dengan cara mengasah otak.

Itulah tips sederhana dan relatif mudah untuk meningkatkan IQ anda. Semoga sedikit sharing pengetahuan ini bermanfaat bagi anda.

***
Solo, Jumat, 28 Juni 2019. 1:00 pm
'salam cerdas penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko