Puskesmas Wonosari Mengadakan Vaksin Booster Pfizer di Baran Sekaran Wonosari Klaten

Rabu, 15 Maret 2023 | 09:27 WIB
0
62
Puskesmas Wonosari Mengadakan Vaksin Booster Pfizer di Baran Sekaran Wonosari Klaten
Dosen Unisri Surakarta

Klaten – Dalam rangka meningkatkan kekebalan sistem imun tubuh manusia terhadap virus corona, Puskesmas Wonosari Klaten bekerja sama dengan kader serta tokoh masyarakat dukuh baran sekaran wonosari klaten mengadakan acara Vaksin Booster Pfizer bagi masyarakat dukuh baran sekaran wonosari Klaten. Vaksin Booster diadakan dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus Corona.

Meskipun ancaman virus Corona diseluruh penjuru dunia sudah berkurang tetapi bagi masyarakat harus tetap waspada dikarenakan bisa jadi wabah virus corona tersebut bisa kembali apabila masyarakat kurang patuh dalam perilaku hidup sehat. Dengan pemberian vaksin Booster diharapkan masyarakat bisa lebih kebal terhadap serangan virus.

Acara kegiatan vaksinasi Booster virus corona diadakan ditempat Posyandu dukuh Baran Sekaran Wonosari Klaten bersamaan dengan acara Posyandu Balita. Acara Posyandu Balita sendiri di dukuh Baran Sekaran Wonosari Klaten sudah berjalan dengan baik dan lancar. Acara dimulai pada pkl.09.00 wib pagi dan warga masyarakat terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara kegiatan vaksinasi tersebut.

Sebelum dilakukan vaksinasi, masyarakat diimbau untuk membawa KTP asli yang bertujuan untuk diinput ke data komputer data base pusat untuk direkam kedalam aplikasi Satu Sehat. Aplikasi Satu Sehat merupakan aplikasi pengganti aplikasi peduli lindungi dimana semua data akan terekam dalam aplikasi tersebut melalui E-KTP. Setelah dilakukan input data, kemudian peserta akan dilakukan pemeriksaan tanda – tanda vital serta wawancara apakah mempunyai penyakit komorbhid atau tidak.

Dalam acara Vaksinasi Booster virus Corona tersebut dilakukan oleh petugas Puskesmas Wonosari klaten antara lain Bidan desa Sekaran dari Puskesmas Wonosari klaten beserta kader kesehatan dukuh Baran Sekaran Wonosari Klaten. Untuk jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin merk Pfizer. Dengan pemberian vaksinasi maka sistem imun tubuh manusia akan dirangsang untuk mengenal virus baru sehingga apabila suatu saat nanti ada serangan virus maka sistem imun tubuh manusia sudah bisa mengenal dan langsung bisa membunuh virus tersebut dengan cepat tanpa masa inkubasi serta gejala yang panjang.

Dosen Spesialis Medikal bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa manfaat vaksin Pfizer dipilih untuk vaksin Booster menurut penelitian adalah vaksin ini relatif aman serta bisa ditoleransi terhadap tubuh terutama pada pasien yang memiliki penyakit komorbhid, memiliki efikasi 100% terhadap remaja dan bisa mendapatkan imun puncak yang baik. *Red