3 Cara Menanggapi Pengungkapan Pelecehan Seksual

Dalam jangka panjang, Anda juga dibutuhkan dalam upaya mengakhiri pelecehan seksual di komunitas kita.

Kamis, 14 April 2022 | 09:45 WIB
0
149
3 Cara Menanggapi Pengungkapan Pelecehan Seksual
image: Op-Med - Doximity

Ketika seseorang mengungkapkan pelecehan, bersiaplah untuk merespons dengan cara yang membantu.

Poin-Poin Penting

  • Ketika orang mengungkapkan bahwa mereka dilecehkan secara seksual, mereka biasanya menghadapi reaksi negatif.
  • Mendengarkan dengan cermat dan siap untuk menawarkan bantuan praktis adalah kunci untuk menanggapi pengungkapan pelecehan seksual.
  • Mendukung penyintas setelah pelecehan seksual adalah penting, tetapi juga memberikan dukungan dalam jangka panjang.

Pelecehan seksual sangat umum – sangat umum sehingga banyak dari kita cenderung mendengar pengungkapan dari orang yang kita kenal. Memang, ketika penyintas mengungkapkan, sering kali kepada teman, keluarga, atau orang-orang pendukung informal lainnya.

Bagaimana kita menanggapi pengungkapan pelecehan seksual itu penting – terkadang menjadi lebih buruk. Sayangnya, ada banyak cara yang tidak membantu dan bahkan menyakitkan untuk menanggapi pengungkapan. Misalnya, para penyintas menggambarkan orang-orang yang mengambil kendali mereka, meminimalkan apa yang terjadi, memperlakukan mereka secara berbeda, dan bahkan menyalahkan mereka atas serangan tersebut. Jenis reaksi negatif terhadap pengungkapan ini terkait dengan hasil psikologis yang lebih buruk dari waktu ke waktu, menurut lusinan studi penelitian.

Kabar baiknya adalah kita dapat mempelajari cara-cara baru untuk menanggapi pengungkapan agar lebih bermanfaat bagi para penyintas. Berikut adalah tiga langkah yang dapat Anda ambil untuk siap menanggapi pengungkapan pelecehan seksual, yang dipandu oleh penelitian.

1. Mendengarkan dengan pemahaman tentang trauma.

Pelecehan seksual adalah stresor traumatis, dan orang-orang memiliki berbagai jenis respons terhadap trauma. Sebagai contoh, beberapa penyintas mungkin tampak kesal sementara yang lain mungkin tampak mati rasa secara emosional atau disosiatif. Orang yang selamat mungkin menggambarkan pikiran yang mengganggu dan tak henti-hentinya tentang serangan itu bahkan ketika orang lain memiliki celah atau kurang percaya diri dalam ingatan mereka tentang apa yang terjadi. Beberapa orang yang selamat mungkin ingin melaporkan apa yang terjadi kepada pihak berwenang dan yang lain mungkin ingin merahasiakan apa yang terjadi. Beberapa orang yang selamat mungkin melanjutkan hubungan mereka dengan orang yang menyerang mereka dan yang lainnya mungkin tidak.

Menyaksikan seseorang menggambarkan trauma atau dampaknya dapat membangkitkan berbagai macam perasaan dan reaksi pada pendengarnya juga. Beberapa mungkin memiliki gagasan yang terbentuk sebelumnya tentang bagaimana seorang penyintas harus bertindak dan mungkin bereaksi secara menghakimi terhadap para penyintas yang tidak sesuai dengan gambaran itu. Pendengar lain mungkin memiliki dorongan untuk melakukan sesuatu – untuk segera mengambil tindakan. Namun, pelecehan itu mengambil alih kendali dari si penyintas, membuatnya sangat penting bahwa si penyintas adalah orang yang memutuskan apa yang akan terjadi selanjutnya.

Alih-alih bertindak berdasarkan gagasan tentang apa yang mungkin dibutuhkan atau dirasakan oleh orang yang selamat, bersiaplah untuk mendengarkan dengan cermat dan tanpa penilaian. Berfokuslah untuk menanggapi dengan tenang dan penuh kasih sayang terhadap cerita dan reaksi unik si penyintas. Anda dapat menunjukkan melalui apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya bahwa Anda berkomitmen untuk kesejahteraan dan pengambilan keputusannya.

Tentu saja, mungkin ada saat-saat ketika Anda tidak dapat merahasiakan pengungkapan penyintas, meskipun itu yang mereka inginkan. Misalnya, beberapa profesional diberi mandat reporter untuk pelecehan dan penelantaran anak atau diwajibkan oleh proses Judul IX perguruan tinggi dan universitas mereka untuk melaporkan pelecehan dan penyerangan seksual. Jika itu masalahnya, jelaskan kepada penyintas tentang apa yang harus Anda laporkan dan apa yang terjadi saat laporan diajukan.

2. Tawarkan bantuan praktis.

Setelah pelecehan seksual, penyintas mungkin menginginkan atau membutuhkan berbagai jenis sumber daya yang berbeda. Misalnya, mereka mungkin menginginkan bantuan akademis jika mereka di sekolah. Atau mereka mungkin menginginkan dukungan psikologis, layanan medis, atau informasi tentang bagaimana rasanya mengajukan laporan polisi.

Anda dapat membuat perbedaan dengan berbagi sumber daya sehingga penyintas dapat membuat pilihan berdasarkan informasi tentang layanan dan opsi. Ini berarti Anda mungkin memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan sekarang untuk mengidentifikasi sumber daya di komunitas Anda sehingga Anda siap ketika seseorang mengungkapkan pelecehan seksual kepada Anda. Misalnya, apakah komunitas Anda memiliki organisasi penanggulangan pelecehan seksual? Layanan dukungan apa yang ditawarkan sekolah atau tempat kerja Anda? Setelah Anda memberikan informasi, ingatlah bahwa orang yang selamat harus berada di kursi pengemudi dalam hal apakah atau ketika mereka melakukan tindakan yang berbeda, seperti berbicara dengan konselor atau membuat laporan ke polisi.

3. Berada di dalamnya untuk jangka panjang – untuk para penyintas dan perubahan sosial.

Setelah pelecehan seksual, gangguan stres pasca trauma dan gejala depresi sering terjadi. Masalah kesehatan lainnya mungkin muncul dan bertahan dari waktu ke waktu, dari nyeri kronis dan masalah tidur hingga bunuh diri. Korban selamat yang melaporkan pelecehan mereka ke polisi, sekolah, atau tempat kerja mungkin terlibat dalam penyelidikan yang berlangsung selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan.

Penyembuhan, kemudian, bukanlah suatu saat; ini adalah proses, dan seringkali panjang. Seiring waktu, ada banyak cara agar dukungan Anda yang berkelanjutan dapat memainkan peran penting. Misalnya, check-in dapat menunjukkan bahwa Anda memikirkan orang yang selamat dan memahami bahwa penyembuhan membutuhkan waktu. Anda dapat melanjutkan pembelajaran Anda sendiri tentang kekerasan seksual dan mendukung penyintas. Misalnya, Anda dapat menggunakan sumber daya online untuk membangun keterampilan Anda dan mencari kelompok pendukung untuk orang-orang terkasih dari para penyintas.

Dalam jangka panjang, Anda juga dibutuhkan dalam upaya mengakhiri pelecehan seksual di komunitas kita. Ada banyak cara untuk mengambil tindakan. Anda mungkin menjadi sukarelawan dengan lembaga yang menangani pelecehan seksual di komunitas Anda; dorong tempat kerja Anda untuk mengembangkan kebijakan berdasarkan informasi trauma untuk mendukung para penyintas; atau hubungi legislator Anda untuk mendesak mereka mendukung legislasi yang didasarkan pada trauma.

Sepanjang jalan, Anda mungkin akan menemukan bahwa pelecehan seksual dan bentuk-bentuk kekerasan lainnya terhadap perempuan mengurangi kita semua melalui dampak pada individu dan komunitas. Pelajaran itu adalah inti dari Every 90 Seconds: Common Cause Ending Violence against Women, seperti pengakuan bahwa kita memiliki minat yang sama untuk bekerja sama untuk mengakhiri pelecehan seksual dan mendukung penyembuhan bagi para penyintas dan komunitas.

***
Solo, Kamis, 14 April 2022. 9:31 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko