Memiliki Pendengar yang Baik Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

Para peneliti mencatat bahwa studi lebih lanjut tentang interaksi sosial individu dapat meningkatkan pemahaman tentang mekanisme biologis yang menghubungkan faktor psikososial dengan kesehatan otak.

Senin, 23 Agustus 2021 | 12:32 WIB
0
106
Memiliki Pendengar yang Baik Meningkatkan Kesehatan Otak Anda
ilustr: Verywell Mind

Interaksi sosial yang mendukung di masa dewasa penting bagi kemampuan Anda untuk mencegah penurunan kognitif meskipun penuaan otak atau perubahan neuropatologis seperti yang ada pada penyakit Alzheimer, sebuah studi baru menemukan.

Dalam penelitian yang diterbitkan 16 Agustus 2021 di JAMA Network Open, para peneliti mengamati bahwa hanya dengan memiliki seseorang yang tersedia hampir sepanjang waktu yang dapat Anda andalkan untuk mendengarkan Anda ketika Anda perlu berbicara dikaitkan dengan ketahanan kognitif yang lebih besar - ukuran kemampuan otak Anda untuk berfungsi lebih baik daripada yang diharapkan untuk jumlah penuaan fisik - atau perubahan terkait penyakit di otak, yang diyakini banyak ahli saraf dapat ditingkatkan dengan terlibat dalam aktivitas yang merangsang mental, latihan fisik, dan interaksi sosial yang positif.

"Kami menganggap ketahanan kognitif sebagai penyangga efek penuaan otak dan penyakit," kata pemimpin peneliti Joel Salinas, MD, Lulu P. dan David J. Levidow Asisten Profesor Neurologi di NYU Grossman School of Medicine dan anggota dari Departemen Pusat Neurologi untuk Neurologi Kognitif. "Studi ini menambah bukti yang berkembang bahwa orang dapat mengambil langkah-langkah, baik untuk diri mereka sendiri atau orang yang paling mereka sayangi, untuk meningkatkan kemungkinan mereka akan memperlambat penuaan kognitif atau mencegah perkembangan gejala penyakit Alzheimer - sesuatu yang segalanya. yang lebih penting mengingat kita masih belum memiliki obat untuk penyakit ini."

Diperkirakan 5 juta orang Amerika hidup dengan penyakit Alzheimer, suatu kondisi progresif yang memengaruhi sebagian besar mereka yang berusia di atas 65 tahun dan mengganggu ingatan, bahasa, pengambilan keputusan, dan kemampuan untuk hidup mandiri. Salinas mengatakan bahwa walaupun penyakit ini biasanya menyerang populasi yang lebih tua, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang yang lebih muda dari 65 akan mendapat manfaat dari mengambil stok dukungan sosial mereka.

Untuk setiap unit penurunan volume otak, individu berusia 40-an dan 50-an dengan ketersediaan pendengar yang rendah memiliki usia kognitif empat tahun lebih tua daripada mereka yang memiliki ketersediaan pendengar yang tinggi.

"Empat tahun ini bisa sangat berharga. Terlalu sering kita berpikir tentang bagaimana melindungi kesehatan otak kita ketika kita jauh lebih tua, setelah kita kehilangan banyak waktu beberapa dekade sebelumnya untuk membangun dan mempertahankan kebiasaan otak yang sehat," kata Salinas. "Tetapi hari ini, saat ini, Anda dapat bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar memiliki seseorang yang tersedia untuk mendengarkan Anda dengan cara yang mendukung, dan menanyakan hal yang sama kepada orang yang Anda cintai. Mengambil tindakan sederhana itu menggerakkan proses agar Anda pada akhirnya memiliki peluang yang lebih baik. kesehatan otak jangka panjang dan kualitas hidup terbaik yang dapat Anda miliki."

Salinas juga merekomendasikan agar dokter mempertimbangkan untuk menambahkan pertanyaan ini ke bagian riwayat sosial standar dari wawancara pasien: menanyakan pasien apakah mereka memiliki akses ke seseorang yang dapat mereka andalkan untuk mendengarkan mereka ketika mereka perlu berbicara.

"Kesepian adalah salah satu dari banyak gejala depresi, dan memiliki implikasi kesehatan lain bagi pasien," kata Salinas. "Pertanyaan semacam ini tentang hubungan sosial seseorang dan perasaan kesepian dapat memberi tahu Anda banyak tentang keadaan sosial pasien yang lebih luas, kesehatan masa depan mereka, dan bagaimana keadaan mereka di luar klinik."

Bagaimana Studi Dilakukan

Para peneliti menggunakan salah satu kohort berbasis komunitas yang paling lama berjalan dan paling terpantau di AS, Framingham Heart Study (FHS), sebagai sumber dari 2.171 peserta studi mereka, dengan usia rata-rata 63 tahun.

Peserta FHS melaporkan sendiri informasi tentang ketersediaan interaksi sosial yang mendukung termasuk mendengarkan, nasihat yang baik, cinta dan kasih sayang, kontak yang cukup dengan orang-orang yang dekat dengan mereka, dan dukungan emosional.

Ketahanan kognitif peserta studi diukur sebagai efek relatif dari total volume otak otak pada kognisi global, menggunakan pemindaian MRI dan penilaian neuropsikologis yang diambil sebagai bagian dari FHS. Volume otak yang lebih rendah cenderung berhubungan dengan fungsi kognitif yang lebih rendah, dan dalam penelitian ini, para peneliti memeriksa efek modifikasi dari bentuk individu dari dukungan sosial pada hubungan antara volume otak dan kinerja kognitif.

Fungsi kognitif individu dengan ketersediaan yang lebih besar dari satu bentuk spesifik dari dukungan sosial lebih tinggi dibandingkan dengan total volume otak mereka. Bentuk kunci dari dukungan sosial ini adalah ketersediaan pendengar dan sangat terkait dengan ketahanan kognitif yang lebih besar.

Para peneliti mencatat bahwa studi lebih lanjut tentang interaksi sosial individu dapat meningkatkan pemahaman tentang mekanisme biologis yang menghubungkan faktor psikososial dengan kesehatan otak.

"Meskipun masih banyak yang tidak kita pahami tentang jalur biologis spesifik antara faktor psikososial seperti ketersediaan pendengar dan kesehatan otak, penelitian ini memberikan petunjuk tentang alasan biologis konkret mengapa kita semua harus mencari pendengar yang baik dan menjadi pendengar yang lebih baik sendiri, " kata Salinas.

(Materials provided by NYU Langone Health / NYU Grossman School of Medicine)

***
Solo, Senin, 23 Agustus 2021. 11:42 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko