Kebanyakan Perundungan Remaja Terjadi di Antara Teman Sebaya yang Menaiki Tangga Sosial

Peneliti menyarankan, upaya memperkuat persahabatan remaja; memperluas ekstrakurikuler dan mengadakan kamp, pelatihan dan retret dapat membantu mengurangi popularitas dan mengurangi "efek frenemy".

Selasa, 23 Februari 2021 | 19:39 WIB
0
219
Kebanyakan Perundungan Remaja Terjadi di Antara Teman Sebaya yang Menaiki Tangga Sosial
ilustr: Abbotsford News

Remaja yang menindas, melecehkan, atau menjadikan korban teman sebayanya tidak selalu menyerang sebagai reaksi terhadap masalah psikologis atau lingkungan rumah yang tidak sehat, tetapi sering menggunakan agresi secara strategis untuk menaiki hierarki sosial sekolah mereka, menurut studi University of California, Davis.

Temuan ini menunjukkan alasan mengapa sebagian besar program anti-intimidasi tidak berhasil dan menyarankan kemungkinan strategi untuk masa depan.

"Sejauh ini benar, kita harus mengharapkan mereka menargetkan bukan wallflowers yang rentan, tetapi teman mereka sendiri, dan teman dari teman, yang lebih mungkin menjadi saingan mereka untuk anak tangga yang lebih tinggi di tangga sosial," kata Robert Faris, seorang peneliti UC Davis tentang penindasan dan penulis makalah "With Friends Like These: Aggression From Amity and Equivalence" .

Makalah ini diterbitkan baru-baru ini di American Journal of Sociology. Rekan penulis adalah sosiolog Diane Felmlee di Pennsylvania State University dan Cassie McMillan di Northeastern University.

Faris, seorang profesor sosiologi, mengatakan teman dan rekan yang memiliki hubungan dekat satu sama lain kemungkinan bersaing untuk mendapatkan posisi dalam klub, ruang kelas, olahraga, dan subkelompok kencan yang sama, yang meningkatkan risiko konflik dan agresi. Makalah ini adalah yang pertama kali diketahui menunjukkan bahwa saingan itu seringkali adalah teman mereka sendiri.

Hal ini berbeda dengan beberapa teori dan definisi umum tentang perundungan (bullying), di mana perilaku tersebut berasal dari ketidakseimbangan kekuasaan dan terutama ditujukan pada remaja di strata sosial yang lebih rendah di lingkungan sekolah atau komunitas yang mungkin memiliki kerentanan fisik, sosial atau psikologis.

Alih-alih, penelitian ini berfokus pada definisi agresi teman yang lebih luas - berteori bahwa agresi sebenarnya dapat meningkatkan status sosial si penyerang.

Dengan menggunakan studi jaringan sosial longitudinal yang besar terhadap lebih dari 3.000 siswa kelas delapan, sembilan, dan 10 di Carolina Utara selama satu tahun sekolah, peneliti menemukan bahwa remaja yang berteman di musim gugur lebih dari tiga kali lebih mungkin melakukan perundungan, atau menjadi korban satu sama lain pada musim semi tahun ajaran yang sama.

Ini bukan hanya permusuhan antara mantan teman yang berpisah: Teman sekolah yang pertemanannya berakhir sepanjang tahun tiga kali lebih mungkin untuk menggertak atau menjadi korban satu sama lain di musim semi, sementara mereka yang pertemanannya berlanjut selama tahun ajaran lebih dari empat kali lebih mungkin untuk menggertak teman-teman itu, kata peneliti.

'Efek Frenemy'

"Efek frenemy" ini tidak dijelaskan oleh banyaknya waktu yang dihabiskan teman bersama, jelas Faris. Selain itu, teman sekelas yang "secara struktural setara" - mereka yang belum tentu berteman, tetapi memiliki banyak teman yang sama - juga lebih cenderung saling menindas atau menjadikan korban satu sama lain.

Dibandingkan dengan teman sekolah yang tidak memiliki pertemanan yang tumpang tindih, mereka yang pertemanannya sangat tumpang tindih kira-kira tiga kali lebih mungkin untuk saling menindas, dan mereka yang berbagi intimidasi atau korban yang sama lebih dari dua kali lebih mungkin untuk saling menindas.

Akhirnya, menjadi korban oleh teman sangat menyakitkan, dan dikaitkan dengan peningkatan signifikan dalam gejala depresi dan kecemasan, dan penurunan yang signifikan dalam keterikatan sekolah, kata para peneliti.

Kasus kehidupan nyata

Makalah itu mengutip kasus kehidupan nyata Megan Meier, yang gantung diri pada tahun 2007 setelah diintimidasi oleh orang-orang yang dia pikir adalah teman-temannya - dengan sentuhan tambahan dari seorang ibu yang mengatur skema intimidasi media sosial. "Tragedi Megan Meier menyoroti lebih dari sekadar keterbatasan sistem peradilan pidana dalam menangani masalah sosial yang kompleks, seringkali halus, seperti penindasan," kata peneliti.

Baca Juga: Stop Memperalat Remaja dan Anak-anak!

Kasus ini menggambarkan kebutuhan untuk penelitian di bidang ini: ... "bertentangan dengan pandangan yang pernah berlaku tentang perundungan sebagai reaksi yang tidak dapat disesuaikan terhadap defisiensi psikologis, disregulasi emosional, defisit empati, atau kehidupan rumah tangga yang bermasalah, [pelaku bullying] adalah satu dari jutaan remaja yang telah melukai teman sekolahnya karena alasan instrumental: untuk menuntut balas, mencapai keunggulan, atau mengalahkan saingan, " kata para peneliti. Memang, penelitian menunjukkan, "keinginan untuk popularitas memotivasi banyak perilaku agresif."

Beberapa program anti-intimidasi berhasil

Selain itu, para peneliti menyimpulkan, hanya sedikit program anti-intimidasi yang berhasil. "Alasan tingkat keberhasilan yang biasanya rendah, kami percaya, adalah bahwa perilaku agresif menghasilkan penghargaan sosial, dan pada tingkat yang menyebabkan beberapa orang mengkhianati teman terdekat mereka. Bahkan program pencegahan yang paling sukses pun tidak dapat mengubah perilaku agresif para penindas populer , yang menggunakan kekejaman untuk mendapatkan dan mempertahankan status, " kata para peneliti. Kontes popularitas di mana-mana di sekolah menengah, peneliti menulis, mendorong perundungan sebaya.

Para peneliti menyarankan bahwa upaya untuk mendukung dan memperkuat persahabatan remaja - seperti memperluas persembahan ekstrakurikuler dan mengadakan kamp, pelatihan dan retret - dapat membantu mengurangi popularitas dan mengurangi "efek frenemy".

(Materials provided by University of California - Davis)

***
Solo, Selasa, 23 Februari 2021. 7:02 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko