Militerisme Ala Diksar Menwa Dalam Dunia Akademisi

Militerisme bukan hanya ada dalam dunia akademisi saja,tetapi juga menjamur dalam ormas-ormas yang berseragam ala militer.

Selasa, 2 November 2021 | 20:46 WIB
0
110
Militerisme Ala Diksar Menwa Dalam Dunia Akademisi
Mahasiswa tewas korban Diksar Menwa (Foto: tribunnews.com)

Pendidikan Dasar (Diksar) Menwa UNS memakan korban mahasiswa yang menyebabkan meninggal dunia.Kejadian seperti bukan pertama kali, tetapi sudah sering terjadi. Bukan hanya Diksar Menwa yang sering memakan korban jiwa tetapi Diksar Mapala tak jarang juga memakan korban jiwa. Atau sekolah ikatan dinas.

Anehnya, kejadian ini terjadi dalam dunia akademis kita yang notabene dituntut otak atau kecerdasan dibanding otot. Biasanya pihak kampus atau rektorat seperti lepas tangan atau tidak dibawah pengawasan pihak kampus.

Seringkali akademisi atau mahasiswa mengkritik suatu pemerintahan atau rezim dengan sebutan "militerisme" atau yang mengandalkan kekerasan fisik.

Akan tetapi justru dunia akademisi dari era orde baru sampai sekarang masih mempertahan tradisi militerisme atau perpeloncoan yang kadang berujung kekerasan fisik dan menyebabkan korban jiwa.

Militerisme yang ada dalam dunia akademisi seperti Diksar Menwa atau Mapala. Yang terkadang tidak ada korelasi antara Diksar Menwa atau Mapala dengan dunia pendidikan yang mengandalkan otak atau kecerdasan.

Lebih baik Diskar Menwa disalurkan dalam Komando Cadangan Strategis AD yang bisa berkontribusi untuk negara bila sewaktu-waktu negara membutuhkan.

Militerisme bukan hanya ada dalam dunia akademisi saja,tetapi juga menjamur dalam ormas-ormas yang berseragam ala militer. Kadang ada preman berbaju ormas yang kerjaannya memintan jatah atau upeti keamanan atau mengedarkan proposal.

***