Lapas Kelas I Malang, Lapas Pertama di Indonesia Punya Sertifikat Halal

Kamis, 9 Februari 2023 | 10:52 WIB
0
60
Lapas Kelas I Malang, Lapas Pertama di Indonesia Punya Sertifikat Halal
Penyerahan Sertifikat Halal (dok.humaslapasmalang)

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur kini resmi memiliki sertifikat halal.

Untuk yg penyerahan sertifikasi halal itu dari Halal Center Cendekia Muslim Cabang Kota Malang pada Rabu (08/2/2023). Dalam hal ini diserahkan oleh Dody Triawan (Kepala Cabang Kantor Halal Center Cendekia Muslim Kota Malang), diterima oleh Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari yang didampingi Kabid Kegiatan Kerja, Arya Galung dan pejabat struktural Lapas Kelas I Malang. Sertifikat Halal diberikan kepada Pandu Prabowo, sebagai petugas yang menjadi wali Bimbingan Kerja Tata Boga.

Sertifikasi halal skema Self Declare ini merupakan program pemerintah untuk menargaetkan 10 juta produk bersertifikasi halal. Untuk pemberian sertifikat halal ini Lapas Kelas 1 Malang adalah LAPAS PERTAMA DI INDONESIA yang memanfaatkan sertifikasi halal untuk produk-produk makanan yang di hasilkan oleh warga binaan.

Sertifikasi halal menjadi bagian yang penting bagi pelaku industri makanan minuman, khususnya di Bimbingan Kerja (Bimker) Tata Boga Lapas Kelas I Malang, hal itu diatur dalam UU No.33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Lapas Kelas I Malang memiliki beberapa produk makanan dan minuma, hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Dengan adanya Sertifikat Halal ini akan memberikan rasa aman kepada konsumen.

Saat konsumen sudah merasa aman dengan produknya, maka konsumen akan percaya dan loyal terhadap produk atau brand tersebut. Ini merupakan salah satu usaha Bidang Kegiatan Kerja Lapas Kelas I Malang meningkatkan pemasaran produk karya warga binaan.

"Lapas Kelas I Malang berupaya untuk memberikan label halal pada kemasan produk makanan dan minuman yang dihasilkan warga binaan. Semoga dengan sertifikat ini dapat menambah kepercayaan masyarakat pada produk Lapas," tegas Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.