Lapas Kelas I Malang Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Bulan Ramadhan

Jumat, 14 April 2023 | 13:34 WIB
0
49
Lapas Kelas I Malang Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Bulan Ramadhan
Lapas Kelas I Malang Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Bulan Ramadhan | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Jum'at (14/4/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur kembali melakukan pengagalan upaya penyelundupan barang terlarang yang diduga Narkoba yang akan dimasukkan melalui kunjungan makanan ke dalam Lapas Kelas I Malang.

Kronologi kejadian ini pada hari Kamis, 13 April 2023 pukul 14.15 WIB Petugas Pemeriksaan Barang & Makanan melakukan Pemeriksaan semua barang pada Kunjungan sesuai dengan SOP. Saat melakukan pemeriksaan, Petugas Pemeriksaan Barang & Makanan menemukan sesuatu yang tampak mencurigakan pada makanan berupa nasi dan snack Amplang.

Pada saat melakukan pemeriksaan di tengah snack Amplang ditemukan bungkusan plastik sebanyak 5 bungkus yang diduga barang terlarang berupa narkoba jenis sabu-sabu. Mendapati hal tersebut, selanjutnya Petugas Pemeriksaan Barang & Makanan langsung melakukan pengamanan barang bukti beserta pengirim barang tersebut.

Petugas kemudian melaporkan temuan tersebut pada Ka.KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan), Kabid Kamtib (Keamanan & Ketertiban) dan Kalapas untuk dilakukan tindak lanjut sesuai aturan yang berlaku.

Setelah mendapat laporan tersebut, Kalapas Kelas I Malang dengan cepat segera melakukan koordinasi dengan Kasat Narkoba Polresta Malang Kota, serta mengamankan barang bukti dan orang yang mengirim barang tersebut untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Kalapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengatakan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu kembali digagalkan petugas Lapas Kelas I Malang. Petugas Pemeriksaan Barang & Makanan mendapati barang terlarang tersebut yang dibawa oleh seorang remaja laki-laki inisial IF asal Malang. Inilah merupakan wujud pentingnya seluruh petugas untuk berkomitmen penuh dalam hal pemberantasan narkotika di dalam lingkungan Lapas Kelas I Malang.

"Di Bulan Suci Ramadhan tak menyurutkan konsentrasi dalam melakukan Pemeriksaan Barang dan Makanan yang akan dimasukkan ke dalam Lapas melalui Kunjungan. Saya harap semua petugas senantiasa waspada, lakukan pemeriksaan kepada semua orang dan barang yang akan masuk ke dalam Lapas dengan cermat dan teliti sesuai SOP yang ada,” tegas Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI)Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat. Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat.


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)