Lapas Kelas I Malang Silaturrahim ke BNN Kabupaten Malang

Sabtu, 27 Mei 2023 | 13:28 WIB
0
49
Lapas Kelas I Malang Silaturrahim ke BNN Kabupaten Malang
Lapas Kelas I Malang Silaturrahim ke BNN Kabupaten Malang | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Sabtu (27/5/2023) Sinergitas antara Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim dan BNN Kabupaten Malang diwujudkan melalui kerjasama yang erat antara kedua lembaga tersebut. Salah satunya dengan Lapas Kelas I Malang Silaturrahim ke BNN Kabupaten Malang pada Jumat, 26 Mei 2023. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang, Candra Hermawan telah berhasil menjalin kemitraan yang kuat dengan pihak Lapas untuk melawan peredaran narkoba.

Melalui sinergi ini, Lapas Kelas I Malang memberikan dukungan penuh kepada BNN dalam upaya pencegahan, penindakan, dan rehabilitasi terhadap Warga Binaan yang terlibat dalam kasus narkoba. Kedua lembaga ini saling berbagi informasi intelijen yang diperoleh dari Warga Binaan atau pihak-pihak terkait untuk mendukung operasi pemberantasan narkoba.

Selain itu, Lapas Kelas I Malang juga bekerja sama dengan BNN Kabupaten Malang dalam program rehabilitasi dan resosialisasi narapidana yang terkait dengan penyalahgunaan narkoba. Mereka bekerja bersama untuk memberikan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan bimbingan yang diperlukan agar narapidana dapat memulai kehidupan baru yang bebas dari narkoba setelah bebas.

Sinergitas ini juga melibatkan kegiatan sosialisasi dan pencegahan narkoba di masyarakat. Lapas Kelas I Malang dan BNN Kabupaten Malang secara aktif mengadakan program-program penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada Warga Binaan," Ujar Heri Azhari, Kalapas Kelas I Malang.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)