Hans Moke Niemann Juara di Swedia, Gukesh Cetak "Hattrick"

Penampilan tanpa komprominya di atas papan membuat Hans Moke menjadi incaran penyelenggara turnamen untuk diundang. Itu salah satu yang membuat Hans cepat berkembang.

Selasa, 10 Mei 2022 | 06:41 WIB
0
143
Hans Moke Niemann Juara di Swedia, Gukesh Cetak "Hattrick"
Hans Moke (Foto: Lars OA Hedlund)

Kurang dari dua minggu setelah menjuarai turnamen Capablanca Memorial di Kuba, GM Hans Moke Niemann kembali memenangi turnamen lain yakni TePe Sigeman & Co ke-27 di Malmö, Swedia.

Hans mencetak 5 poin dari 7 babak unggul satu poin penuh dari peringkat 2,3,4 yang ditempati GM Arjun Erigaisi, GM Nils Grandelius dan GM Michaels Adam dengan 4 poin.
Turnamen berikutnya pecatur AS berusia 18 tahun ini adalah Sharjah Masters di Uni Emirat Arab pada 20-30 Mei 2022. Hans diunggulkan di peringkat ke-10 di turnamen itu.

Hans Moke Niemann yang usianya 18 tahun dengan gelar GM itu adalah pecatur "rising star" Amerika Serikat. Setelah menjuarai turnamen Capablanca Memorial di Cuba beberapa hari lalu, Hans praktis belum terkalahkan dalam 16 kali penampilan terakhirnya.

Salah satu hal menarik dari Hans, bulan Maret tahun lalu rating juara junior AS 2021 ini baru 2500 tapi setahun kemudian pada bulan yang sama rating Hans sudah naik menjadi 2642.
Saat ini rating Hans bahkan sudah meningkat menjadi 2675 hanya terpaut 25 poin lagi dari klub 2700.

Penampilan tanpa komprominya di atas papan membuat Hans Moke menjadi incaran penyelenggara turnamen untuk diundang. Itu salah satu yang membuat Hans cepat berkembang.

Gukesh Cetak "Hattrick" 

Setelah memenangi turnamen La Roda Open dan Menorca Open 2 pekan lalu, GM D Gukesh kembali juara di turnamen Chessable Sunway Formentera Chess Festival yang digelar di Spanyol pada 29 April - 8 Mei 2022.

Gukesh sukses mencetak 8 poin dari sepuluh babak setelah di partai terakhir bermain remis dengan GM Haik Martirosyan dari Armenia.

Berkat hasil ini Gukesh sekarang menempati peringkat ke-64 dunia dengan Elo rating 2675. Perasaan baru bulan lalu Gukesh masuk top 100 dunia. Luar biasa memang anak ini padahal usianya baru 15 tahun. Gukesh hanya butuh 25 poin lagi masuk klub 2700 dan rasanya itu bisa diraih sebelum akhir tahun nanti.

Setelah turnamen ini, D Gukesh akan kembali ke India sebelum terbang ke Uni Emirat Arab untuk mengikuti Sharjah Master yang akan diselenggarakan pada 20-30 Mei 2022.

Ini turnamen berat karena diikuti oleh tidak kurang dari 55 orang GM termasuk di dalamnya GM Arjun Erigaisi dan GM Nihal Sarin.

***