Irene di Reyjavik Open

Sejauh ini sudah ada 267 peserta yang terdaftar. Unggulan pertama ditempati oleh pecatur Iran GM Pouya Idani sementara Irene menempati unggulan ke-35

Rabu, 6 April 2022 | 06:43 WIB
0
70
Irene di Reyjavik Open
Irene Kharisma Sukandar (Foto: kompasiana.com)

Jarak India ke Islandia itu 8.307 km namun jarak sejauh ini tidak menghalangi puluhan pecatur India terbang ke sana untuk bermain di Reykjavik Open yang akan digelar pada 6-12 April 2022.

Mereka antara lain adalah GM D Gukesh, GM Baskaran Adhiban, GM Raunak Sadhwani, GM Praggnanandhaa dan kakaknya IM Vaishali.

Tetapi India jangan bangga dulu. Ada negara yang lebih jauh dari mereka yaitu Indonesia. Jaraknya 11.946 km. Dan ada satu pecatur Indonesia yang juga ikut turnamen ini: IM Irene Kharisma Sukandar.

Dua pecatur muda AS IM Christopher Yoo dan penyandang gelar GM termuda di dunia GM Abimanyu Mishra juga terbang jauh-jauh dari Amerika hanya untuk tampil di turnamen ini.

Apa sih daya tarik Reykjavik Open ini? 

Hadiah juara pertama sebenarnya tidak besar-besar amat, cuma € 5.000 atau sekitar 79 juta rupiah. 

Jadi apa sih yang membuat mereka terbang jauh-jauh melintasi benua untuk datang ke Islandia? 

Turnamen Reykjavik Open ini memang sudah berusia 53 tahun. Edisi pertama dimulai tahun 1964 yang dimenangkan oleh GM Mikhail Tal dengan skor 12½ poin dari 13 babak. 

Tentu ini bukan alasan yang kuat sebagai daya tarik. Atau barangkali karena makam legenda catur GM Bobby Fischer ada di Reykjavik. 

Tetap saja kurang masuk akal karena rata-rata mereka sudah pernah ke sana. Jadi apa dong? Entahlah. Ini mesti tanya Irene.

Sejauh ini sudah ada 267 peserta yang terdaftar. Unggulan pertama ditempati oleh pecatur Iran GM Pouya Idani sementara Irene menempati unggulan ke-35. 

Saat tulisan ini di posting pairing babak pertama belum keluar.

***