3 Kunci Sukses dalam Hobi Memelihara Koi

Jika anda mampu melaksanakan 3 (tiga) hal diatas dengan baik, niscaya anda akan sukses dalam memelihara koi

Minggu, 16 Mei 2021 | 17:26 WIB
0
130
3 Kunci Sukses dalam Hobi Memelihara Koi
Kolam Koi

Jika anda ingin tahu cara memelihara koi agar dapat tercapai hasil yang baik, berikut ini yang harus dilakukan :

1. Membangun Kolam Koi Yang Benar

Kolam adalah tempat hidup koi. Tentu saja harus dibuat sedemikian rupa agar koi merasa nyaman dan dapat hidup sehat disana. Membangun kolam tak boleh sembarangan atau asal-asalan, jika anda ingin memperoleh hasil yang memuaskan. Bagaimana caranya membagun kolam koi yang baik dan benar?

Jika anda pehobi pemula, maka disarankan untuk mencari informasi sebelum membangun kolam koi. Jangan sampai terjadi permasalahan dikemudian hari karena anda keliru dalam membangun kolam koi. Kolam koi hendaknya dibangun dengan sistem filter yang baik dan benar. Jika anda tak mau repot, serahkan saja kepada ahlinya. Tapi jangan sampai salah memilih tukang atau pemborong untuk membangun kolam. Tips memilih tukang kolam bisa dibaca disini

2.   Merawat kolam dan koi

Jika kolam sudah dibangun dengan benar, maka hal penting lainnya adalah bagaimana cara merawat kolam dan koi. Kolam buatan tentu perlu pemeliharaan agar tetap dapat berfungsi dengan baik, Demikian juga dalam merawat koi, termasuk cara pemberian pakan, menentukan jumlah populasi, menangani koi yang baru datang, merawat koi yang sakit, cara memijahkan koi dlsb. Oleh sebab itu, anda tentu harus memiliki pengetahuan tentang penyakit koi dan obat-obatan yang diperlukan. Sehingga dengan demikian, anda dapat meminimalisir tingkat kematian koi yang terserang penyakit.

3. Memilih Kualitas Koi

Jika anda sudah mulai berpikir untuk memelihara koi yang berkualitas, maka tentu anda perlu pengetahuan tentang bagaimana menilai kualitas koi (apresiasi). Agar anda mampu menilai kualitas koi, perbanyak membaca informasi tentang kualitas koi, juga aktif mengunjungi berbagai acara kontes koi. Dengan cara demikian maka akan dapat membuka wawasan anda sebagai bekal untuk menilai kualitas koi yang akan anda beli. Selain itu, anda juga bisa bergabung pada komunitas pecinta koi, baik secara off line maupun off line, untuk bertukar pengalaman dalam memilih kualitas koi.

Memelihara koi yang berkualitas maupun yang tidak, itu sama saja, Koi memerlukan jumlah pakan dan cara perawatan yang sama. Oleh sebab itu, lebih baik memelihara koi sedikit saja namun berkualitas. Hal ini dalam rangka  efisiensi biaya perawatan dan agar tercapai hasil yang maksimal.

Jika anda mampu melaksanakan 3 (tiga) hal diatas dengan baik, niscaya anda akan sukses dalam memelihara koi

Salam gilakoi

***