Magnus Carlsen: Firouzja, Pecatur yang Banyak Akal

Setelah berpikir selam 24 detik, Magnus luput menemukan satu-satunya langkah yang telah dilihat Alireza sejak lama 28.Qc3! dan posisinya kira-kira seimbang.

Sabtu, 18 April 2020 | 07:19 WIB
0
1011
Magnus Carlsen: Firouzja, Pecatur yang Banyak Akal
Carlsen vs Firouzja (Foto: Chess.com)

Partai pertama bisa menjadi penentu kemenangan dan itu yang terjadi pada duel Magnus Carlsen vs Alireza Firouzja di babak final Banter Blitz Cup kemarin. Alireza menang dengan skor tipis 8½-7½.

Bermain dengan buah Hitam, pecatur muda Iran itu mengejutkan lawan dengan memilih Gambit Menteri ("Saya tadinya mengharapkan sesuatu yang lebih tajam," ujar Magnus), tetapi tidak butuh waktu lama semua menajam secara dramatis.

Lihat diagram 1

Magnus awalnya percaya diri, berkomentar, "Rajaku aman" dan, "tidak ada alasan untuk takut, huh?"

Kepercayaan diri Magnus beralasan karena setelah 20... Rf6 21. Be5 dunia terlihat begitu indah, berpikir bahwa dirinya akan menang waktu dengan mengusir Benteng lawan ke f7.

Alireza memang bermaksud untuk memainkan 21... Rf7?! akan tetapi kemudian dia menemukan langkah berikutnya dalam kecepatan cahaya, 21... Ng6!! dengan tujuan jika 22. Bxf6?? akan kalah dengan garpuan Kuda 22… Nf4+! yang mengejutkan Magnus.

"Itulah sebabnya jangan pernah meremehkan Alireza, dia pecatur yang banyak akal!" ujar Magnus, dan kemudian menambahkan: "Oh boy, ini akan sulit! Rf6! Seharusnya saya melihat Alireza akan mencoba menipu saya di sini, tidak hanya percaya bahwa dia akan menjalankan langkah yang buruk."

Alireza bukan tanpa cacat, karena ia gagal menemukan langkah terbaik menurut komputer, tetapi sejumlah trik taktis brilian yang dihasilkannya dalam satu partai mampu memperdaya lawan-lawannya. Salah satunya yang mengguncang Magnus adalah:

Lihat diagram 2

27... Qf4!

Sekali lagi Magnus mengaku, bahwa dirinya benar-benar tidak melihat langkah ini, karena 28. Rxf5 sekarang akan digagalkan 28... Qxg4+.

Setelah berpikir selam 24 detik, Magnus luput menemukan satu-satunya langkah yang telah dilihat Alireza sejak lama 28.Qc3! dan posisinya kira-kira seimbang. Sebaliknya Magnus Carlsen sempat melirik sejenak pada ide yang sama yaitu 28.Qd4?? yang jelas blunder, dan sebagai gantinya Magnus muncul dengan 28.Qxf5? yang mengejutkan.

Langkah ini mengguncang Alireza sejenak. Tetapi ia langsung melihat lubang dalam ide lawannya: 28 ... Qxg5! dan Putih kalah satu Benteng. Sisanya tentu hanya masalah teknis sebelum Carlsen menyerah.

"Partai pertama yang bagus!" Firouzja mencoba menyimpulkan seperti Tuhan yang sedang menikmati hasil ciptaanNya.

Firouzja Tekuk Carlsen

Pecatur Iran berusia 16 tahun GM Alireza Firouzja tampil sensasional saat menekuk juara dunia GM Magnus Carlsen pada babak final Banter Blitz Cup dengan skor 8½- 7½ dini hari tadi. Sebagai pemenang Alireza berhak mendapatkan uang hadiah sebesar USD14.000 atau sekitar 224 juta rupiah.

Firouzja memimpin laga setelah memenangkan partai pertama dengan Hitam tetapi Magnus membalas pada partai ke-3 karena di partai ke-2 mereka bermain remis. Namun Alireza kembali menang pada partai ke-4 tetapi segera dibalas Carlsen di partai ke-5 sehingga skor menjadi sama kuat 2½- 2½.

Pertarungan dua jagoan blitz ini di partai-partai berikutnya berlangsung sangat ketat. Untuk pertama kalinya Magnus memimpin 6½- 5½ setelah memenangi partai ke-11 dan 12.

Namun Firouzja bermain sangat fantastis dengan menaklukkan Carlsen di partai ke-13 dan 14 untuk mengambil alih pimpinan namun Magnus kembali menang di partai ke-15 sehingga skor menjadi 7½- 7½.

Tetapi partai terakhir berjalan sempurna untuk Firouzja saat dia secara bertahap sukses menundukkan pecatur Norwegia itu di permainan yang paling dikuasai Magnus: permainan babak akhir!

Setelah pertandingan, Carlsen mengakui ia bermain sangat buruk tetapi tak lupa memberi pujian kepada lawannya: "Dia luar biasa kuat. Respek untuknya!"

Diagram: Chess24

***