Carlsen Juara, Para Pecatur Muda Ini Sudah Tak Lucu Lagi

Satu hal yang patut dicatat adalah Praggnanandhaa mengalahkan Carlsen 3 kali secara beruntun dalam satu babak. Bukan main!

Selasa, 23 Agustus 2022 | 06:39 WIB
0
237
Carlsen Juara, Para Pecatur Muda Ini Sudah Tak Lucu Lagi
Magnus Carlsen (Foto: Chess24)

GM Praggnanandhaa tampil sensasional di babak keempat FTX Crypto Cup di Miami, AS dengan menggulung GM Levon Aronian.

Pecatur AS itu dipecundangi Praggnanandhaa 3-1 hasil dari dua kali menang dan dua kali remis. Aronian sudah seperti pecatur ayam sayur di tangan anak muda India yang baru saja 9 hari lalu berusia 17 tahun ini.

Sebelumnya di babak 1,2, dan 3 dia menang beruntun dengan menghabisi GM Alireza Firouzja, GM Anish Giri dan GM Hans Niemann.

Pada babak terakhir Praggnanandhaa tampil heroik saat melumat GM Magnus Carlsen dengan skor 2-0 di babak tambahan catur blitz setelah pada 4 partai utama catur cepat mereka berbagi poin 2-2. Sama-sama 1 kali menang dan 2 kali remis.

Karena menang di babak tambahan, Praggnanandhaa hanya mendapat 2 poin sementara Carlsen meski kalah tetap mendapat 1 poin yang membuat juara dunia ini keluar sebagai juara dengan 16 poin dan Praggnanandhaa runner up dengan 15 poin.

Satu hal yang patut dicatat adalah Praggnanandhaa mengalahkan Carlsen 3 kali secara beruntun dalam satu babak. Bukan main!

Sebagai juara kedua Praggnanandhaa meraih hadiah uang sebesar USD 37.500 atau sekitar 551 juta rupiah sementara Carlsen dapat USD 40.000.

Di Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, GM Nodirbek Abdusattorov membawa tim Putra Uzbekistan merebut medali emas sekaligus membuat pecatur berusia 17 tahun ini menembus klub 2700 untuk pertama kalinya.

Masih di Olimpiade Catur 2022 GM D Gukesh meraih medali emas di meja satu tim Putra India 2. Gukesh yang saat ini sedang bermain di Liga Catur Turki juga tampil ganas dengan menang di tiga babak pertama.

Pecatur berusia 16 tahun ini sekarang sudah menembus peringkat ke-18 dunia dengan live rating 2736. Dia masih berpotensi menembus rating 2750 karena turnamen ini masih menyisakan 8 babak lagi.

Di Abu Dhabi Masters yang saat ini sedang berlangsung pecatur India berusia 18 tahun GM Arjun Erigaisi memimpin sendirian dengan 3 poin. 

Di Olimpiade Catur 2022 Chennai, India Arjun yang bermain di tim India 1 tidak terkalahkan dalam 10 babak. GM Nihal Sarin juga merebut medali emas pada papan dua tim India 2.

Para pecatur muda ini mulai tidak lucu dan tidak imut-imut lagi.

***