Fiona, Pecatur Cantik Luksemburg yang Dikalahkan Ervan Pernah Berkunjung ke Bukittinggi

Pada babak kelima tim Putra Indonesia akan berhadapan dengan tim Putra Serbia sedangkan tim Putri bertemu dengan Armenia.

Selasa, 2 Agustus 2022 | 07:04 WIB
0
451
Fiona, Pecatur Cantik Luksemburg yang Dikalahkan Ervan Pernah Berkunjung ke Bukittinggi
Fiona Steil-Antoni (Foto: Arsip Fiona)

Ada yang menarik perhatian dari gelanggang Olimpiade Catur ke-44 yang sedang berlangsung di Chennai, India, saat pecatur putra Indonesia Mohamad Ervan berhadapan dengan pecatur putri Luksemburg Fiona Steil-Antoni pada babak keempat.

Mengapa tim Putra bisa berhadapan dengan pecatur putri? Ya, karena tim Putra ini sifatnya Open maka ada dua pecatur wanita Luksemburg yang diturunkan di kelompok ini salah satunya adalah WIM Fiona Steil-Antoni tersebut yang berhadapan dengan Ervan di meja 3.

Berdasarkan catatan perjalanan Fiona, ia pernah berkunjung ke Indonesia, tepatnya ke Bukittinggi, Sumatera Barat, untuk berlibur. Meski sedang berlibur, pemain Fiona masih tetap menyempatkan diri bermain catur dengan penduduk lokal di salah satu areal pertokoan di kota Bukittinggi di seberang menara jam Gadang.

Fiona sendiri beberapa kali menjadi juara nasional wanita Luksemburg dan pada tahun 2006 merebut medali emas perorangan di Women's Chess Olympiad. Fiona kini bekerja di Chess24.com.

Satu lagi pecatur wanita yang turun mewakili Luksemburg adalah WGM Elvira Berend yang bermain remis dengan GM Novendra Priasmoro di meja 2.

Ervan Terlalu Kuat 

Tim catur Putra Indonesia tanpa kesulitan berarti menundukkan tim catur Putra Luksemburg dengan skor 3½-½ pada babak keempat Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India tadi malam.

Susanto, Ervan dan Kurniawan masing-masing menang di meja satu, tiga dan empat sementara Novendra remis dengan Elvira Berend.

Fiona Steil-Antoni hanya mampu bertahan 32 langkah dari gempuran Ervan. Korban Kuda mengejutkan Ervan di g7 pada langkah ke-25 membuat pertahanan lawan berantakan. Fiona menyerah 7 langkah kemudian.

Setelah kalah 1-3 dari India 2 dibabak ketiga, tim Putri Indonesia mengamuk di babak keempat dengan menyapu tim Putri Bangladesh dengan skor telak 4-0.

Dengan hasil ini tim Putra sekarang menempati peringkat ke-34 pada klasemen sementara dengan 6 MP sementara tim Putri di peringkat ke-20 juga dengan 6 Match Point.

Pada babak kelima sore ini tim Putra Indonesia akan berhadapan dengan tim Putra Serbia sedangkan tim Putri bertemu dengan Armenia.

Partai mereka bisa disaksikan secara langsung di Follow Chess dimulai pukul 16.30 WIB.

***