Partai Serba Salah Irene yang Akhirnya Kalah

Dalam situasi tertinggal, bagaimanapun Irene harus fight untuk membantu timnya memenangkan turnamen Battle of the Sexes ini.

Kamis, 3 Februari 2022 | 08:01 WIB
0
399
Partai Serba Salah Irene yang Akhirnya Kalah
Irene Kharisma Sukandar (Foto: John Saunders)

Setelah tiga kali kalah beruntun pada babak 6, 7, dan 8 akhirnya tim Pia berhasil mengalahkan tim Sabino dengan skor 6-4 di babak ke-9 Gibraltar Chess Battle of the Sexes tadi malam.

Tim Pia menang 4 papan, 4 papan remis, dan 2 papan lagi kalah salah satunya partai IM Irene Kharisma Sukandar (2407) yang takluk dari pecatur Hungaria IM Balazs Csonka (2474).

Dengan menyisakan satu babak lagi tim Pia sekarang tertinggal 3 poin dengan skor 43½-46½. Irene dan kawan-kawan butuh menang telak di babak terakhir untuk bisa juara di turnamen ini.

Sebentar. Hadiah untuk pemenang adalah sebesar £ 75.000 atau sekitar 1,4 miliar rupiah dan yang kalah dapat £ 25.000 atau sekitar 487 juta rupiah yang nantinya akan dibagi rata untuk setiap anggota tim.

Itu artinya jika menang, setiap anggota tim Pia akan mendapat bagian sebesar 140 juta rupiah dan jika kalah hanya menerima 48,7 juta rupiah. 

Nah, pada babak terakhir Irene akan berhadapan dengan teman kuliahnya di Universitas Webster IM Eric Rosen (2356). Tadinya jika situasinya tidak seperti ini dengan mudah saya akan mengatakan bahwa mereka akan bermain remis masa teman makan teman sih, iya kan?

Tapi dalam situasi tertinggal, bagaimanapun Irene harus fight untuk membantu timnya memenangkan turnamen Battle of the Sexes ini. Jadi agak serba salah memang buat keduanya.

Peluang Tim Puyri Tipis

Sebelumnya, untuk kelima kalinya tim Pia kembali kalah di turnamen Gibraltar Chess Battle of the Sexes. Kali ini mereka takluk dengan skor 4½-5½ pada babak kedelapan tadi malam.

IM Irene Kharisma Sukandar (2407)sendiri remis dengan pecatur Australia GM Bobby Cheng (2550). 

Dengan menyisakan dua babak lagi tim Pia sekarang tertinggal 5 poin dengan skor 37½-42½. Tentu saja peluang mereka untuk juara masih terbuka jika bisa memenangi dua babak lagi dengan selisih lebih besar dari poin lawan.

Pada babak ke-9 pukul 21.00 WIB nanti malam, Irene akan berhadapan dengan pecatur Hungaria IM Balazs Csonka (2474). 

Partai babak terakhir antara Irene dan Eric bisa ditonton di Follow Chess mulai pukul 21.00 WIB.

***