Simak Kiat Cara Renovasi Rumah Lama Berikut ini

Merenovasi rumah tua bisa membuat Anda mendapatkan hunian yang sesuai impian. Biaya renovasi juga bisa jauh lebih murah daripada membangun rumah baru jika menerapkan konsep perencanaan yang tepat.

Selasa, 12 April 2022 | 13:27 WIB
0
123
Simak Kiat Cara Renovasi Rumah Lama Berikut ini
Image: ibuildnew.com.au

Tidak selalu rumah yang ditinggali merupakan hasil kerja keras kita sehingga bisa dibuat sesuai selera. Ada kalanya rumah yang Anda tempati merupakan hasil dari warisan orang tua ataupun membeli dalam bentuk jadi. Satu-satunya langkah supaya rumah tersebut bisa menjadi rumah impian adalah dengan cara renovasi rumah lama dengan desain lebih baru dan modern.

Dalam melakukan renovasi tentu tidak boleh asal-asalan. Kesalahan dalam menyusun konsep desain rumah atau penggunaan tukang yang keliru bisa membuat dana renovasi jauh lebih besar daripada membangun rumah baru. Supaya tidak terjadi hal seperti ini alangkah lebih baik jika Anda melakukan kiat-kiat di berikut ini.

Melakukan Pemeriksaan Secara Menyeluruh

Untuk mendapatkan gambaran secara terperinci mengani bagian-bagian mana saja yang membutuhkan renovasi lakukan pemeriksaan rumah secara menyeluruh mulai dari dinding, lantai, pintu, jendela, atap dan plafon rumah. Buat catatan mengani bagian rumah yang mengalami kerusakan seperti dinding retak, plafon belang, genteng pecah dan sebagainya.

Jangan lewatnya juga kerusakan yang paling umum terjadi pada rumah tua seperti wastafel mampet, jendela sulit dibuka/ditutup, atau bagian rumah yang tidak bisa bekerja dengan seharusnya. Setelah mengetahui kerusakan-kerusakan yang ada maka Anda bisa dengan mudah menyusun rencana untuk merenovasi rumah lama tersebut.

Menentukan Pilihan Sejak Awal

Setelah mengetahui seberapa banyak kerusakan yang ada pada rumah lama tentu Anda bisa memutuskan apakah akan melakukan pembongkaran secara menyeluruh ataukah hanya merenovasi saja.

Melakukan pembongkaran secara total memang terasa lebih praktis, akan tetapi jika dana yang tersedia tidak memungkinkan maka merenovasi rumah bukanlah sesuatu yang buruk.

Merenovasi Rumah Secara Bertahap

Ketika melakukan renovasi rumah, Anda  tidak harus memaksakan diri. Jika kondisi finansial tidak memungkinkan untuk melakukan renovasi secara menyeluruh dalam satu waktu maka renovasi bisa dilakukan secara bertahap. Gunakan jasa renovasi rumah agar anggaran tidak membengkak.

Hindari untuk melakukan renovasi secara besar-besaran jika terlalu memberatkan. Pilih saja bagian-bagian rumah yang memang harus segera direnovasi. Lagian desain rumah tua tidak selamanya buruk, siapa tahu beberapa tahun mendatang desain tersebut kembali populer.

Memanfaatkan Tenaga yang Ahli di Bidangnya

Dalam merenovasi rumah tua jangan segan-segan untuk meminta masukan atau pendapat dari ahlinya seperti arsitek, kontraktor ataupun tukang yang mengerjakan karena mereka memiliki pengalaman lebih dibandingkan Anda.

Berkonsultasi dengan seorang jasa kontraktor juga bisa membuka wawasan Anda mengenai konsep desain untuk merenovasi sebuah rumah tua.

Mengantisipasi Pengeluaran Tidak Terduga

Masalah sering muncul dalam pengerjaan renovasi rumah tua secara tidak terduga. Oleh sebab itu Anda harus mengantisipasi hal tersebut dengan cara menyiapkan budget lebih di luar perencanaan.

Sering kali permasalahan pada rumah tua tidak bisa dideteksi sejak awal tahap pemeriksaan. Terlebih lagi karena faktor usia juga mempengaruhi ketahanan material terhadap benturan ketika proses pengerjaan sendang berlangsung.

Hal ini sering kali membuat pekerjaan merembet karena kerusakan di bagian lain yang sebelumnya tidak masuk dalam rencana.

Kombinasi Bahan Material

Beberapa material dari rumah tua mungkin sudah tidak tersedia di toko bangunan atau harganya sudah sangat mahal. Oleh sebab itu Anda bisa mengombinasikan material lama dengan bahan bangunan terbaru yang harganya jauh lebih murah.

Merenovasi rumah tua bisa membuat Anda mendapatkan hunian yang sesuai impian. Biaya renovasi juga bisa jauh lebih murah daripada membangun rumah baru jika menerapkan konsep perencanaan yang tepat.

***