Pengertian Dan Sejarah Olahraga Golf Secara Singkat

Kamis, 15 Agustus 2024 | 20:07 WIB
0
46
Pengertian Dan Sejarah Olahraga Golf Secara Singkat
Pengertian Dan Sejarah Olahraga Golf Secara Singkat

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Golf Secara Singkat – Artikel kali akan membahas terkait penjelasan dan sejarah dari olahraga golf. Seperti kita ketahui, golf merupakan salah satu olahraga yang memerlukan peralatan yang banyak dan juga harganya sangat mahal. Wajar jika olahraga ini kurang populer atau hanya sedikit peminatnya seperti di negara Indonesia, yang menggemari olehraga ini hanya dari golongan kelas atas saja atau orang kaya.

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Golf Secara Singkat

Pengertian Golf

Golf merupakan salah satu dari cabang olahraga atau permainan bola kecil yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan yag terdapat tanda berupa bendera golf dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Sejarah Singkat Olahraga Golf

Menurut dari catatan sejarah yang sudah terangkum. Sekitar abada ke- 15M, masyarakat Skotlandia telah memainkan olahraga golf dilapangan luas dan sudah menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu, sementara bolanya dari bahan karet. Akan tetapi oleh pemerintah Skotlandia dilarang, karena permainan ini dianggap mengganggu jalannya pemerintahan. Dan selanjutnya, permainan atau olahraga gol di bawah ke Inggris dan mengalami perkembangan yang pesat hingga terkenal di benua Eropa.

Akan tetapi, olahraga golf tidak jelas sebenarnya berasal dari negara mana. Karena masyarakat Tiongkok juga mengklaim telah memainkan permainan golf sejak abad ke -11 M, atau tepatnya pada zaman dinasto Song. Begitu juga dengan penduduk Belanda yang mengakui telah memainkan golf sejak abad ke -12 M. Tetapi Skotlandi menyatakan bahwa mereka yang menciptakan olahraga ini pada abad e – 15 M.

BACA JUGA:  Ukuran Lapangan Softball

Tapi setelah melalui berbagai perdebatan, akhirnya olahraga golf menurut para sejarawan sebenarnya berasal dari Skotlandia. Hal ini tandai dengan adanya bukti kuat bawah golf berasal dari negara tersebut. Yaitu dengan adanya lapangan golf pertama, Nama golf juga diambil dari bahasa Skotlandia. Selai itu, klub golf dan turnamen golf pertama juga berasal dari Skotlandia.

Seiring berjalannya waktu, Golf semakin terkenal hingga pelosok penjuru dunia. Hal ini ditandi dengan dibentuknya IGF ( International Golf Federation) pada tahun 1958, sebagai induk dari olahraga golf di dunia. Hingga saat ini, IGF telah memiliki 126 negara anggota dan memiliki kantor pusat di Switzerland.

Demikian tadi terkait pengertian dan sejarah olahraga golf. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

BACA JUGA: Tugas wasit di pertandingan olahraga bola