Deretan Kebaikan Vitamin D untuk Kesehatan Anda

Rabu, 5 Oktober 2022 | 13:39 WIB
0
30
Deretan Kebaikan Vitamin D untuk Kesehatan Anda
Sumber: Canva.com

Manfaat vitamin D bagi tubuh secara umum adalah membantu menjaga kesehatan. Namun, fungsinya lebih spesifik pada bagian-bagian tertentu. Ini adalah jenis nutrisi yang memiliki dampak terbesar pada kesehatan tulang dan gigi.

Bukan hal yang aneh bagi orang tua di masa lalu untuk memerintahkan anak-anak mereka berjemur untuk meningkatkan vitamin D di pagi hari. Sinar matahari dikatakan mengandung vitamin yang mendorong pertumbuhan dan mencegah penyakit. 

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin D untuk Tubuh, Jangan Sampai Kurang

Gejala Kurangnya Vitamin D dalam Tubuh

Kekurangan zat gizi apapun dalam tubuh mau tidak mau akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan dalam waktu lama, akan lebih sulit untuk diobati. Berikut adalah gejala defisiensi yang harus diwaspadai. Gejala kurangnya kadar vitamin D dalam tubuh yang dapat dirasakan, yaitu lelah terlalu mudah, tulang dan otot terasa nyeri, luka tidak cepat sembuh, mudah terkena penyakit, kelainan tulang, dan suasa hati yang berubah tidak menentu.

Jika Anda mengalami gejala di atas, sebaiknya segera penuhi kebutuhan nutrisi Anda. Cobalah untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Olahraga pagi di luar ruangan membantu memenuhi kebutuhan vitamin D secara alami dari sinar matahari.

Sakit tulang dan otot berarti kekurangan nutrisi penting ini. Untuk mengatasinya, umumnya seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin D.

Salah satu manfaat vitamin D bagi tubuh adalah mencegah tubuh mudah sakit. Hal ini terbukti pada anak-anak yang rutin terpapar sinar matahari di pagi hari, yang lebih sehat dan memiliki stamina yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Gejala defisiensi juga ditandai dengan perubahan mood atau suasana hati. Ini karena sel-sel tubuh rentan terhadap stres. Kemudian menyebar ke jaringan dan akhirnya mencegah tubuh dari relaksasi.

6 Fungsi Vitamin D bagi Kesehatan

Ada dua jenis nutrisi penting ini, vitamin D2 nabati (ergocalciferol), yang dapat diperoleh dari jamur tertentu. Kemudian, D3 (cholecalciferol) diperoleh dari ikan, minyak ikan, kuning telur, dan sinar matahari. Keuntungannya adalah sebagai berikut.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Nutrisi tersebut membantu penyerapan kalsium dalam tubuh, meningkatkan perkembangan tulang dan gigi pada anak, mencegah kelemahan atau osteoporosis pada lansia, dan memenuhi kebutuhan kalsium ibu menyusui. 2. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Manfaat vitamin D selanjutnya bagi tubuh adalah membantu mengoptimalkan kekebalan tubuh dengan mendukung kerja sel darah putih dalam melawan patogen. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh, saraf, dan otot.

3. Menjaga Fungsi Paru-paru dan Jantung

Menjaga fungsi paru-paru dan jantung dengan memperkuat otot-otot yang memproduksinya juga merupakan salah satu manfaat vitamin D. Pastikan kebutuhan vitamin D Anda terpenuhi. Memang, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan paru-paru dalam jangka panjang.

4. Pencegahan Kanker

Manfaat vitamin D selanjutnya bagi tubuh adalah mengurangi risiko kanker. Antioksidan di dalamnya mencegah pembentukan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel abnormal.

5. Mengatasi Depresi

Mengkonsumsi vitamin D juga efektif dalam mengatasi stres dan depresi. Membantu mengendurkan saraf yang tegang karena komposisi nutrisi yang baik. Perlahan situasi stres dapat diatasi.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Vitamin D juga efektif dalam mendukung produksi hormon insulin di pankreas. Insulin memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes.

Dari semua risiko kekurangan dan manfaatnya, sangat cocok bagi setiap orang untuk memenuhi kebutuhannya di dalam tubuh. Tidak hanya anak-anak, hingga usia lanjut, masih membutuhkan beragam makanan bergizi. Terutama manfaat vitamin D bagi tubuh.

Baca Juga: Ini Dia berbagai Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui gejala dari kekurangan vitamin D, pastikan untuk tetap mengonsumsi atau mendapatkan vitamin D agar kebutuhannya tercukupi dalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.