Putra-Putri Indonesia Lampaui Target

Target yang ingin dicapai tim Indonesia Putra dan Putri dalam keikutsertaan mereka pada Olimpiade Catur ke-44 ini memang hanya memperbaiki peringkat

Rabu, 10 Agustus 2022 | 08:25 WIB
0
223
Putra-Putri Indonesia Lampaui Target
Susanto Megaranto vs Magnus Carlsen (Foto: chess.com)

Berakhir sudah Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India. Tim Putra Indonesia sukses menempati peringkat ke-34 dari tim 186 peserta setelah di babak ke-11 menundukkan tim Bangladesh 2½-1½.

Peringkat akhir tim Indonesia ini lebih baik dibandingkan Olimpiade catur edisi sebelumnya yang berada pada peringkat ke-57 dari 185 tim peserta.

Pada bagian Putri Irene dan kawan-kawan juga berhasil melewati target yang dibebankan meskipun pada babak terakhir kalah 1½-2½ dari Jerman.

Tim Putri Indonesia yang diunggulkan di peringkat ke-32 ini menduduki posisi ke-24 dari 162 negara dalam klasemen akhir. 

Hasil ini melewati pencapaian Indonesia di Olimpiade Catur 2018 di Batumi, Georgia. Ketika itu tim Putri menempati peringkat ke-35 dari 150 tim peserta.

Target yang ingin dicapai tim Indonesia Putra dan Putri dalam keikutsertaan mereka pada Olimpiade Catur ke-44 ini memang hanya memperbaiki peringkat. 

Sewaktu pelepasan mereka di Hotel Sotis Kemang, Percasi menjanjikan bakal memberikan bonus jika tim Putra bisa masuk 30 besar dan tim Putri 25 besar dan sepertinya hanya tim Putri yang bakal dapat bonus.

Tim Putra Indonesia berkekuatan 9 pecatur, yaitu GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, IM Yoseph Theolifus Taher, IM Mohamad Ervan dan FM Muhamad Agus Kurniawan 

Sementara pada kategori Putri diwakili oleh WGM Irine Kharisma Sukandar, WGM Medina Warda Aulia, Fariha Mariroh dan WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra tanpa pemain cadangan.

Dalam gambar bawah pecatur nomor satu Indonesia GM Susanto Megaranto sedang berhadapan dengan pecatur nomor satu dunia GM Magnus Carlsen pada babak ke-9 yang dimenangkan oleh Carlsen.

***