Vincent Menuju Puncak dan Cara Kasparov menjadikannya Pecatur Hebat

Pecatur Jerman burusia 17 tahun ini pada masa lalu pernah dilatih Garry Kasparov. Hasilnya?

Senin, 3 Januari 2022 | 16:42 WIB
0
225
Vincent Menuju Puncak dan Cara Kasparov menjadikannya Pecatur Hebat
Vincent Keymer (Foto: Grenke Chess)

GM Vincent Keymer baru berusia 17 tahun tetapi sekarang sudah jadi pecatur nomor satu Jerman. Lebih fokus sekolah dan lebih sedikit bermain catur, itulah rencana Vincent setelah pergantian tahun 2021. 

"Saya mengikuti banyak turnamen sejak Juni. Itu sebabnya saya sering bolos dan banyak ketinggalan pelajaran," ujar Keymer. 

Tetapi rencana Vincent untuk berkonsentrasi pada pendidikan sepertinya akan kembali tertunda. 

Masalahnya dia lolos ke turnamen Grand Prix FIDE 2022 yang akan diadakan pada bulan Februari - April 2022 di Berlin, Jerman dan Beograd, Serbia. Vincent adalah peserta termuda di turnamen itu.

Pada bulan November tahun lalu, Vincent berhasil menempati peringkat ke-5 di turnamen FIDE Grand Swiss 2021 di Riga yang membuatnya lolos ke turnamen GP tadi.

"Untungnya, ujian akhir tertulis sudah selesai pada bulan Januari," kata Vincent dalam sebuah wawancara dengan media Jerman DW. 

"Saya akan mempersiapkan diri untuk menghadapi turnamen sebaik mungkin meskipun sambil tetap sekolah," tambahnya.

"Saya belum berada di puncak," kata Vincent menilai posisinya saat ini secara realistis. Betapa sulit memang membagi waktu antara catur dengan sekolah.

Mendidik Keymer

Pada masa lalu, salah satu materi pelatihan yang sering digunakan mantan juara dunia GM Garry Kasparov untuk menularkan ilmunya adalah melalui studi komposisi. Tujuannya untuk menilai kemampuan analisis seorang pecatur.

Studi komposisi ini sangat berguna untuk membangun berpikir presisi dan evaluasi dilakukan pada keberhasilan dalam memecahkan problem catur yang diberikan dan lamanya waktu untuk menyelesaikannya.

Vincent pernah dilatih oleh GM Kasparov dua jam di Hamburg dengan metode ini, memecahkan problem catur tanpa melibatkan buah catur di atas papan.

Sebagai bahan evaluasi, catatlah berapa menit waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikannya. 

Siapa Vincent Keymer? Majalah catur, The German Schach Magazine, menulis bahwa Vincent Keymer adalah bakat catur terbesar yang dimiliki oleh Jerman saat ini setelah juara dunia kedua Emanuel Lasker. 

Dia meraih gelar GM pada usia 14 tahun. Seharusnya bisa lebih cepat jika saja ada sponsor yang bersedia mendukungnya. Namun sekarang Vincent sudah sering diundang ikut turnamen seperti baru-baru ini di Biel Chess Festival kelompok Grandmaster.

***