Nepo, Dari Sekondan Menjadi Penantang

Sebagai sekondan, ia tentu tahu kelemahan Magnus Carlsen dan itu yang akan di eksplorasinya bulan November mendatang di kejuaraan dunia.

Kamis, 29 April 2021 | 10:37 WIB
0
16
Nepo, Dari Sekondan Menjadi Penantang
Ian Nepomniachtchi dan Magnus Carlsen (Foto: Chess24.com)

Ian Nepomniachtchi mengucapkan terima kasih kepada timnya setelah tampil sebagai juara Turnamen Kandidat 2020 dan mengatakan bahwa mereka layak mendapatkan lebih banyak ucapan selamat daripada dirinya sendiri.

"Mereka itu adalah bagian dari gunung es yang tetap di bawah air. Saya hanya memindahkan bongkahannya!" ujar pecatur berusia 30 tahun itu merendah.

Sebelumnya, Nepo telah mengungkapkan anggota tim yang mendampinginya terdiri dari GM Vladimir Potkin, GM Ildar Khairullin, GM Nikita Vitiugov, dan GM Peter Leko.

Nepomniachtchi dan Potkin sendiri telah saling mengenal selama 20 tahun dan mulai bekerja sama erat pada November 2007. Dalam beberapa tahun, kerja tim ini mulai membuahkan hasil.

"Kerja sama ini meningkatkan tidak hanya permainan saya tetapi juga permainan Vlad karena pertama, saya yang memenangkan Kejuaraan Eropa dan kemudian baru dia," kata Nepomniachtchi, yang memenangkan turnamen itu tahun 2010 sementara Potkin merebutnya pada 2011.

Ditanya apakah dia akan tertarik untuk menambahkan GM Daniil Dubov ke dalam timnya, Nepo berkata: "Dia adalah pecatur dan juga analis yang hebat, tetapi dia juga bekerja dengan Magnus dan saya tidak ingin menempatkannya pada posisi sulit," jawab Nepo.

Nepo sendiri mengakui bahwa dirinya memiliki sedikit keuntungan sebagai tuan rumah bermain di Yekaterinburg: "Ketika saya mengetahui bahwa turnamen akan berlangsung di Yekaterinburg, saya merasa agak bahagia. Pada tahun 2013 saya menjuarai Russian Higher League di sini. Kenangan tentang kota akan terhubung dengan hasil yang Anda capai," katanya.

"Selain itu, saya suka kotanya, saya suka Ural, meskipun saya sendiri tinggal di bagian barat kota itu. Tentu saja, perasaan memiliki ini membantu. Ada pepatah dalam bahasa Rusia mengatakan: "Saat Anda berada di rumah, bahkan dinding di sekitar akan membantu Anda, dan saya rasa ini benar," tambahnya.

Saat ditanya apakah dia merasakan tekanan untuk mengembalikan kembali gelar juara dunia itu ke Rusia, Nepo menjawab: "Saya tidak akan mengatakan itu tekanan. Ini tanggung jawab besar dan tantangan besar."

Beberapa kolega Ian Nepomniachtchi mengomentari peluang Nepomniachtchi di kejuaraan dunia nanti, salah satunya adalah GM Fabiano Caruana.

"Nepo sangat kuat sekarang. Tidak hanya di turnamen ini saja. Selama setahun terakhir, dia terlihat sangat kuat, jadi saya pikir dia akan menjadi lawan yang sangat berbahaya bagi Magnus."

Nepomniachtchi sendiri berkomentar tentang peluangnya: "Bagaimanapun, ini akan menjadi pertandingan yang sulit dan saya senang bahwa peluang saya dinilai tinggi tetapi saya seorang realis. Saya melihat dengan cara yang realistis, dan saya juga tidak memiliki kecenderungan untuk menurunkan kemampuan diri saya sendiri."

Ditanya apa kelemahan terbesar Carlsen, dia berkata: "Bagaimanapun, saya tidak akan mengatakannya. Jadi katakanlah dia tidak memilikinya!"

Nepo sendiri sudah lama bekerja sama dengan GM Magnus Carlsen. Ia misalnya menjadi sekondan pecatur Norwegia itu di turnamen London Chess Classic 2012 dan Turnamen Kandidat. Nepo juga dikabarkan sekondan Magnus di kejuaraan dunia tahun 2013.

Sekarang sekondan itu sudah berubah menjadi penantang. Sebagai sekondan, ia tentu tahu kelemahan Magnus Carlsen dan itu yang akan di eksplorasinya bulan November mendatang di kejuaraan dunia.

***