"On Fire" Gukesh Berhasil Padamkan "Fire On Board" Shirov

Shirov dijuluki "fire on board" karena partainya yang selalu berapi-api di atas papan terutama saat memegang Putih.

Kamis, 4 Agustus 2022 | 06:18 WIB
0
151
"On Fire" Gukesh Berhasil Padamkan "Fire On Board" Shirov
Gukesh dan orangtua (Foto: Rajini Kanth)

Foto di atas ini saya minta dari ayah Gukesh Dr Rajini Kanth setelah Gukesh baru meraih gelar GM awal Januari 2019 diusia 12 tahun 7 bulan dan 17 hari.

Saya katakan kepada ayahnya, pembaca biasanya ingin juga melihat wajah ibu Gukesh yang pasti ikut berperan atas kesuksesan anak mereka meraih gelar bergengsi itu.

Tanpa menunggu lama, foto yang saya minta langsung dikirim via inbox. Inilah Padma Kumari, Gukesh dan Dr Rajini Kanth. 

Kanth adalah seorang ahli bedah telinga, hidung dan tenggorokan sementara Padma seorang ahli mikrobiologi yang pada masa pandemi bekerja di rumah sakit menangani laporan pengujian pasien Covid-19.

Tadi malam Gukesh kembali mencetak kemenangan untuk ke-6 kalinya secara beruntun di Olimpiade Catur 2022. Pecatur berusia 17 tahun ini menundukkan GM Samuel Sargissian (2698) dari Armenia di meja satu dengan Putih.

Langkah maut Gukesh 25. Bxb4! benar-benar menghancukan pertahanan Sargissian membuat pecatur peraih medali emas Olimpiade Catur tiga kali itu hanya bisa geleng-geleng kepala bakal kalah dengan cara seperti itu.

Sayangnya sukses Gukesh ini tidak diikuti oleh rekan-rekannya.

Nihal remis di meja 2 sementara Adhiban dan Raunak kalah di meja 3 dan 4 sehingga secara keseluruhan India 2 kalah dari Armenia 1½-2½.

Tekuk "Fire On Board" Alexei Shirov

Tidak salah jika GM Magnus Carlsen memuji GM D Gukesh setinggi bintang. Prestasi pecatur muda India berusia 16 tahun ini memang sangat spektakuler belakangan ini.

Bermain di meja satu tim India 2 di Olimpiade Catur 2022, D Gukesh menyapu bersih semua lawan-lawannya di 6 babak pertama termasuk GM Alexei Shirov di babak kelima.

Meja satu menjadi meja paling berat di Olimpiade Catur karena biasanya meja ini ditempati oleh pecatur nomor satu di setiap negara peserta.

Dan Shirov adalah pecatur yang sangat disegani bahkan hingga saat ini karena permainannya yang sangat tajam. Bahkan Shirov dijuluki "fire on board" karena partainya yang selalu berapi-api di atas papan terutama saat memegang Putih.

Namun melawan Gukesh yang bermain sangat teliti dan presisi dengan buah Hitam membuat Shirov benar-benar tidak berkutik dan takluk langkah ke-44.

Secara keseluruhan India 2 menang atas Spanyol dengan skor 2½-1½. India menang di meja satu kalah di meja tiga yang diisi Praggnanandhaa dan dua meja lagi yang ditempati Nihal Sarin remis dan Adhiban Baskaran menang.

Saat ini live rating Gukesh sudah mencapai 2714 setelah menang beruntun di lima babak pertama turnamen ini. 

Selain itu anak ini sudah menembus peringkat ke-27 dunia padahal baru bulan April lalu Gukesh masuk top 100 dunia.

India 2 sekarang menempati peringkat 3 pada klasemen sementara di bawah Armenia dan AS dengan 10 Match Poin.

Hari ini turnamen libur dan akan dilanjutkan besok dengan India 2 berhadapan dengan Cuba.