Putri Indonesia Sapu Bersih, Carlsen Menang Susah Payah 80 Langkah

Pada babak ke-3 tim Putri akan bertemu dengan tim India 2 sementara tim Putra akan berhadapan dengan Rumania.

Minggu, 31 Juli 2022 | 07:19 WIB
0
520
Putri Indonesia Sapu Bersih, Carlsen Menang Susah Payah 80 Langkah
Irene Kharisma Sukandar (Foto: Madelene Belinki)

IM Irene Kharisma Sukandar dan kawan-kawan kembali menang telak pada babak kedua Olimpiade Catur ke-44 di Chennai, India kemarin.

Setelah menekuk Honduras 4-0 pada babak pertama, korban berikutnya adalah North Macedonia yang juga ditaklukkan dengan skor telak 4-0.

Di meja lain, tim Putra yang masih belum menurunkan GM Susanto Megaranto juga menundukkan New Zealand 3-1. Skor ini sama seperti yang didapat saat mengalahkan Hongkong pada babak pertama.

Novendra dan Ervan kembali remis di meja satu dan tiga sementara Yoseph dan Kurniawan menang di meja dua dan empat.

Pada babak pertama, tim catur Putra dan Putri mencetak kemenangan pertama mereka kemarin. Tanpa menurunkan GM Susanto Megaranto, tim Putra menekuk tim Hongkong dengan skor 3-1. Novendra dan Ervan remis di papan satu dan tiga sementara Yoseph dan Kurniawan menang di meja dua dan empat.

Di bagian Putri Irene dan kawan-kawan tanpa kesulitan berarti menundukkan tim Putri Honduras dengan skor telak 4-0.

Setelah menaklukkan Honduras dan North Macedonia masing-masing dengan skor telak 4-0 di babak pertama dan kedua, tim Putri Indonesia akan bertemu lawan berat India 2 di babak ketiga. Tim ini diperkuat oleh:

1. WGM Agrawal Vantika (2371)

2. IM Padmini Rout (2374)

3. IM Swaminathan Soumya (2335)

4. WGM Mary Ann Gomes (2324)

5. WGM Divya Deshmukh (2319)

Karena tim India 2 ini memiliki pemain cadangan mereka tinggal menerjunkan siapa yang paling siap untuk diturunkan menjelang pertandingan.

Berbeda dengan tim Putri Indonesia yang tidak mengirim pemain cadangan ke Olimpiade Catur di Chennai sehingga masih tetap mengandalkan:

1. IM Irene Kharisma Sukandar (2373)

2. IM Medina Warda Aulia (2374)

3. Fariha Mariroh (1839)

4. WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra (2257)

80 Langkah

Peristiwa menarik terjadi saat GM Magnus Carlsen mencetak poin pertamanya di Olimpiade Catur ke-44 di Chennai dengan susah payah saat menundukkan GM Georg Meier.

Juara dunia itu baru memastikan kemenangan di Olimpiade Chennai setelah bertarung 80 langkah. Kemenangan Magnus  membantu Norwegia menekuk Uruguay dengan skor 4-0 di babak kedua.

Awalnya Georg mampu meladeni Carlsen sampai kedua pemain memasuki permainan babak akhir Menteri yang terlihat seperti remis pada lahkah ke-35.

Namun partai seperti ini adalah kesukaan Carlsen. Dia menggocek lawannya dengan langkah-langkah taktis membuat Georg akhirnya kehabisan napas.

Lawan Norwegia pada babak ke-3 sore ini mulai pukul 16.30 WIB adalah Italia.

***