Kecewa, Bibisara Assaubayeva Bakal Pindah Negara?

Itu berarti Bibisara akan mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan negara lain. Sungguh menyedihkan kalau benar begitu

Selasa, 1 Februari 2022 | 16:09 WIB
0
137
Kecewa, Bibisara Assaubayeva Bakal Pindah Negara?
Bibisara Assaubayeva (Foto: Kazaq Sports)

IM Bibisara Asaubayeva telah membuat bangga Kazakhstan dengan merebut gelar juara dunia Catur Blitz Wanita 2021. Hebatnya lagi gelar itu diraihnya pada usia 17 tahun.

Bibisara pun disambut saat pulang ke Kazakhstan. Bertemu Perdana Menteri. Diterima Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev. Bibisara diberi plakat, lukisan dan buku.

Namun penghargaan ini kabarnya membuat keluarga Bibisara kecewa. 

Dibandingkan dengan bonus yang diterima GM Nodirbek Abdusattorov yang dianugerahi pemerintah Uzbekistan sejumlah uang dan apartemen dua kamar di kompleks perumahan bergengsi karena keberhasilannya meraih gelar juara dunia Catur Rapid 2021, penghargaan yang diterima juara dunia pertama asal Kazakhstan itu dianggap tidak sepadan.

Padahal pemain catur juga manusia yang membutuhkan dukungan finansial untuk hidup, makan, berlatih, dan memenuhi semua sarana yang diperlukan agar bisa berprestasi hingga ke tingkat dunia.

Pada 26 Februari mendatang Bibisara genap berusia 18 tahun. Kabarnya anak gadis ini bakal pergi. Jerman, Rusia atau Amerika Serikat akan dengan senang menerimanya.

Itu berarti Bibisara akan mengibarkan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan negara lain. Sungguh menyedihkan kalau benar begitu.