Medsos Bukan Jurnalistik

Kaidah jurnalistik membuat medsos tak bisa menggunakan sudut pandang orang pertama, juga tidak perlu menggunakan rumus 5W1H.

Senin, 4 April 2022 | 05:52 WIB
0
31
Medsos Bukan Jurnalistik
Medsos (Foto: kompas.com)

Kadang saya merasa bersalah karena tertawa menanggapi kasus Fira M yang menabrakkan motor dan dirinya ke Mapolres. Apapun latar belakangnya, sikap emosional dan tidak nalar begini memprihatinkan. Apalagi kalau ternyata ada banyak orang dengan kecenderungan emosional seperti itu.

Tapi seprihatin-prihatinnya saya pada kasus kegublukan itu, ada komen pembelaan yang terasa menggelikan di postingan teman saya Winston Zippi. Menurut dia Kakak Zippi menulis tidak dalam kaidah jurnalistik yang menggunakan 4W1H (atau terbalik ya).

Di sini saya langsung tergelak-gelak. Ini medsos, Bung. Bukan kantor berita pemerintah, bukan media cetak atau media resmi serius lainnya.

Kalau semua tulisan di medsos harus memakai kaidah jurnalistik, medsos menjadi sepi dan garing. Zuckerbeg gagal jadi milyarder. Dan mungkin ada banyak politisi gagal dapat kursi.

Pertama kaidah jurnalistik membuat medsos tak bisa menggunakan sudut pandang orang pertama. Saat menceritakan akan membeli lele bakar, saya terpaksa menulis serius:

"Diduga telah lama kelaparan, Vika Klaretha berjalan menuju warung lele bakar di dekat rumah. Sengaja ia tak memesan online, karena selisih harganya cukup lumayan. 3 ribu rupiah. Uang sebanyak itu bisa dimanfaatkan untuk membeli kangkung, sayuran yang tak ikut naik harganya menyusul langkanya minyak goreng. Masih menjadi pertanyaan besar mengapa Vika memilih lele bakardan bukan goreng. Adakah alasan kesehatan yang menjadi pertimbangan janda beranak dua itu? Atau karena kelangkaan migor yang menyebabkan ia takut bila harga lele goreng ikut meroket? Simak investigasinya dalam kisah blablabla.... "

Sungguh postingan medsos yang sangat blaikkk, menjengkelkan.

Bagaimana pula kaidah jurnalistik menuliskan tentang emak-emak mager di kamar sembari upload foto kamar mewahnya? Investigasi apa yang harus digali tentang mager itu? Betulan malas atau pamer?

Bagaimana pula kaidah jurnalistik menuliskan status paling legendaris para pengguna medsos yaitu OTW?


#vkd