Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya

Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, setelah sholat Isya dan sebelum terbit fajar.

Senin, 23 Januari 2023 | 07:15 WIB
0
23
Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya
Doa Setelah Sholat Tahajud Beserta Artinya Mudah Dihafal!

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari, tepatnya pada sepertiga malam terakhir. Melakukan sholat tahajud pada waktu tersebut akan memudahkan Anda dalam memahami makna yang terkandung di dalamnya. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan sholat tahajud hingga menjelang sholat Subuh. Jumlah rakaat yang paling sedikit yakni dua rakaat, namun tidak ada batasan untuk jumlah terbanyaknya.

Doa setelah sholat tahajud beserta artinya sangat penting untuk dipelajari dan diamalkan. Rasulullah SAW selalu memanjatkan doa setelah sholat tahajud setiap malam. Ada banyak keutamaan yang dijanjikan bagi umat Muslim yang mau mengamalkannya. Untuk memudahkan Anda dalam mempelajarinya, berikut ini bacaan doa setelah sholat tahajud dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya : 

"Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu'akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah."

Artinya : "Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah! Hanya kepadaMu aku berserah diri, hanya kepadaMu aku beriman, hanya kepadaMu aku bertawakkal hanya kepadaMu aku kembali, hanya denganMu kuhadapi musuhku, dan hanya kepadaMu aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah"

(Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, Muslim, Abu Daud dan al-Tirmidzi)

Niat & Tata Cara Sholat Tahajud

Untuk meraih keutamaan yang sempurna dalam sholat tahajud, selain membaca doa setelah sholat tahajud, umat Muslim perlu mengetahui tata cara mengerjakannya dengan benar.

Menurut buku Panduan Sholat Untuk Perempuan karya Nurul Jazimah, sholat tahajud bisa dikerjakan 2-8 rakaat atau bahkan tidak terbatas.

Namun, yang penting adalah dilakukan dengan sebaik-baiknya, jika hanya sanggup melakukan dua rakaat sudah cukup. Hal yang paling penting adalah istiqomah dalam mengamalkannya. 

Sholat tahajud memiliki tata cara yang sama dengan sholat sunnah pada umumnya, perlu diikuti dengan benar agar mendapat keutamaan yang sempurna. Berikut panduan tata cara sholat tahajud yang bisa Anda simak:

1. Niat Sholat Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini (mustaqbilal qiblati) lillahi ta’aalaa.
Artinya : "Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca Doa Iftitah

4. Membaca Surat Al Fatihah

5. Membaca salah satu Surat Pendek dalam Al-Quran

6. Ruku dengan tuma’ninah

7. Iktidal dengan tuma’ninah

8. Sujud pertama

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud kedua

11. Berdiri kembali seraya bertakbir (mengerjakan rakaat kedua)

12. Membaca Surat Al Fatihah

13. Membaca salah satu Surat dalam Al Quran

14. Rukuk dengan tuma’ninah 

15. Iktidal dengan tuma’ninah

16. Sujud pertama

17. Duduk di antara dua sujud

18. Sujud kedua

19. Tasyahud akhir.

20. Salam

22. Membaca doa setelah sholat tahajud

Waktu Terbaik Sholat Tahajud

Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari, setelah sholat Isya dan sebelum terbit fajar. Sholat malam disebut tahajud jika dilakukan setelah bangun dari tidur meskipun hanya sebentar. Waktu sholat tahajud dibagi menjadi tiga bagian: sepertiga malam pertama (19.00-22.00), sepertiga malam kedua (22.00-1.00), dan sepertiga malam ketiga (1.00-subuh). Waktu paling utama untuk melakukan sholat tahajud adalah setelah tengah malam hingga masuknya waktu Subuh, sesuai hadits Rasulullah SAW.

Referensi : 

https://kumparan.com/berita-terkini/ doa-setelah-sholat-tahajud-beserta-artinya-mudah-dihafal-1uYNH8bUlfK (access 18 Januari 2023)