Cara Ampuh dalam Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi

Gunakan sarung tangan plastik agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Pada saat mencampurkan soda api dengan air panas juga harus berhati-hati karena komposisinya cukup berbahaya.

Rabu, 22 September 2021 | 11:18 WIB
0
141
Cara Ampuh dalam Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi
https://ambpi.com/

Noda yang terdapat pada nat keramik, seperti pada kamar mandi, terbentuk dari akumulasi noda. Jika dibiarkan terlalu lama dapat merusak nat, hingga membuatnya keropos. Noda tersebut dapat berupa cairan maupun benda padat dalam waktu lama yang menghasilkan sedimen. Bagian dalam keramik akan terlihat dari luar dan menyebabkan kerusakan pada fondasi lantai.

Kebanyakan orang malas membersihkan noda membandel pada keramik. Sebenarnya, ada dua bahan yang dapat dimanfaatkan yaitu bahan keras dan biasa. Bahan biasa sifatnya memang memiliki efisiensi rendah, tetapi cocok digunakan untuk noda baru. Jadi Anda tidak perlu kesulitan lagi dalam membersihkan noda pada lantai kamar mandi.

Baca Juga: Renovasi Dapur Sederhana Menjadi Unik dengan Biaya Kecil

Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Menggunakan Bahan Ringan

Cuka

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup encerkan cuka menggunakan air panas. Kemudian tuangkan pada bagian yang ternoda dan tunggu beberapa saat setelah itu gosok hingga bersih. Cuka ampuh digunakan untuk memberantas kotoran yang berbentuk lumut. 

Air Panas

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup tuangkan air mendidih pada bagian keramik kemudian gosok dengan sikat bekas. Cara ini paling mudah dan efektif jika noda belum terlalu banyak. Tujuan penggunaan air panas adalah membuat komposisi dari sedimen kotoran menjadi lebih lunak. Apabila kotoran sifatnya masih sedikit ini merupakan metode paling mudah dan cepat.

Pasta Gigi

Cara menggunakannya cukup mudah, cairkan pasta gigi menggunakan air hangat. Kemudian oleskan pada bagian yang kotor tadi. Gosok menggunakan sikat hingga semua bagian menjadi bersih. Pastikan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membersihkan nat keramik kamar mandi. Karena kandungan fluoride mampu melunakkan karang yang terbentuk dari kotoran.

Membersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Menggunakan Bahan Kuat

Caustic Soda

Gunakan sarung tangan plastik agar tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Pada saat mencampurkan soda api dengan air panas juga harus berhati-hati karena komposisinya cukup berbahaya. Gunakan masker agar uap campuran tersebut tidak terhidup. Setelah diencerkan cukup siram pada keramik kotor. Tunggu antara 3 hingga  5 menit kemudian gosok bagian noda hingga bersih. Metode ini sangat ampuh, tetapi cukup berisiko jika dilakukan tanpa alat perlindungan diri. Jadi harap berhati-hati.

Baca Juga: Perbedaan Manfaat Semen Instan dan Konvensional, Lebih Unggul Mana?

AM 58
Cara menggunakannya juga cukup mudah, aplikasikan dalam keadaan kering. Biarkan bahan pada bagian kotor antara 5 hingga 10 menit. Setelah itu gosok menggunakan sikat dan bantuan air. Anda dapat mengulangi proses penggosokan hingga lantai benar-benar bersih. Bahan ini cukup aman dan mudah digunakan, sehingga tidak perlu menggunakan alat perlindungan seperti saat memakai soda api. 

Untuk informasi selengkapnya silahkan cek disini. Demikian penjelasan yang saya berikan, smeoga bermanfaat!

***