Ini Usia Terbaik Prestasi Seorang Pecatur

Setelah dianggap sebagai pecatur terkuat di dunia selama 20 tahun, William Steinitz akhirnya menjadi juara dunia resmi pada tahun 1886 saat usianya sudah 50 tahun.

Rabu, 12 Februari 2020 | 08:22 WIB
0
819
Ini Usia Terbaik Prestasi Seorang Pecatur
Bobby Fischer (Foto: chess.com)

Karier pecatur top dunia bisa bertahan 25 tahun atau bahkan lebih lama dari itu seperti GM Vishy Anand misalnya. Namun apakah ada batasan usia optimal untuk sukses dalam bermain catur? Coba kita lihat prestasi beberapa pecatur yang luar biasa pada usia yang berbeda ini.

Usia 15 Tahun : Rekor Bobby Fischer

Pada tahun 1958, Bobby Fischer yang baru berusia 15 tahun lolos dari Portoroz Interzonal dan meraih salah satu tempat diantara 9 pecatur top dunia saat itu untuk bermain di turnamen Kandidat 1959. Belum pernah ada yang berhasil menciptakan rekor ini sebelumnya. Berkat prestasi ini, Bobby meraih gelar Grandmaster dan menjadi GM termuda di dunia.

Kemudian terjadi perlombaan perburuan gelar dalam usia yang sangat dini. Judit Polgar, pecatur wanita terbaik sepanjang sejarah menjadi GM termuda yang memecahkan rekor Fischer tadi. Dia menyalip Fischer 35 hari lebih cepat. Berlanjut kemudian dengan pecatur Hungaria, GM Peter Leko yang mengalahkan rekor Polgar enam hari. Tahun 2003 GM Sergey Karjakin mendapatkan gelar GM nya saat berusia 12 tahun 7 bulan.

"Gelar Grandmaster itu seperti SIM," kata pecatur Yugoslavia GM Petar Trifunovic. Anda sudah bisa mengendarai mobil, tapi masih perlu lebih banyak pengalaman untuk bisa menyetir dengan baik." Di usia 15 tahun seseorang sudah menunjukkan bakat, tetapi ia masih mentah sehingga perlu waktu untuk mengembangkan diri lebih lanjut.

Usia 16 Tahun : Minum atau Mengemudi

Di Amerika, anak-anak sudah diizinkan mengemudikan mobil setelah berusia 16 tahun. Di Eropa mereka sudah boleh mengkonsumsi alkohol. Sementara di tahun 1959, Bobby Fischer yang berusia 16 tahun sudah bermain di turnamen kandidat pertamanya. Tiga pecatur muda asal Uni Soviet yang sangat berbakat, keluar dari negara itu untuk menimba ilmu dan pengalaman di turnamen pertama mereka di luar negeri.

Boris Spassky masih berusia 16 tahun saat berbagi tempat keempat dalam turnamen kuat di Bucharest pada tahun 1953. Anatoly Karpov, menyambut usia 16 tahun dengan juara di kota Ceko Trinec pada tahun 1967. Garry Kasparov menang di Banja Luka tahun 1979 pada usia 16 tahun. Ketiganya kemudian menjadi juara dunia.

Usia 19 Tahun : Rekor Magnus Carlsen


Magnus Carlsen (Foto: chess24.com)

Magnus Carlsen, anak ajaib dari Norwegia, menorehkan sejarah dengan mencatatkan dirinya sebagai pecatur termuda yang menduduki ranking pertama FIDE pada 1 Januari 2010 saat berusia 19 tahun.

Usia 22 Tahun : Rekor Garry Kasparov

Garry Kasparov menjadi juara dunia pada tahun 1985 saat usianya 22 tahun yang merupakan pecatur termuda yang pernah meraih gelar itu dan selama 20 tahun berikutnya, Kasparov menjadi pecatur nomor satu dunia.

Paul Morphy (1837-1884) kembali dari tour Eropa sebagai juara dunia tidak resmi pada tahun 1859 di usia 22 tahun.

Harry Pillsbury (1872-1906), mencetak kemenangan terbesarnya pada tahun 1895 di turnamen Hastings, salah satu turnamen catur terkuat saat itu di usia 22 tahun.

Turnamen AVRO di Belanda tahun 1938 dimenangi oleh Paul Keres 22 tahun dan Rueben Fine 24 tahun.

Usia 22 tahun tampaknya menjadi tonggak penting karena pada usia ini pecatur profesional menjadikan catur sebagai pilihan hidup mereka.

Yang perlu dilakukan hanya terus menerus meningkatkan kemampuan mereka. Pada saat yang sama banyak pecatur berbakat meninggalkan dunia catur. Mereka ini biasanya lebih memilih untuk menyelesaikan sekolah atau mencari pekerjaan lain.

Beberapa pecatur yang sangat berbakat menjadi juara dunia di awal usia dua puluhan. Mikhail Tal melakukannya di usia 23 tahun, Anatoly Karpov pada usia 24 tahun, Emanuel Lasker dan Vladimir Kramnik pada saat berumur 25 tahun.

Usia 30 Tahun : Stamina dan Pengalaman

Sekitar usia 30 tahun, pemain catur top mulai melakukan konsolidasi permainan mereka dengan mencoba menggabungkan stamina dengan pengalaman. Fischer menjadi juara dunia pada usia 29 tahun. Spassky dianggap sebagai pemain terbaik dunia tahun 1966 pada usia 29 tahun, tetapi gagal mengalahkan juara dunia Tigran Petrosian.

GM Veselin Topalov memenangkan Kejuaraan Dunia FIDE di San Luis di Argentina pada usia 30 tahun.

Usia 35 Tahun : Usia Puncak

Inilah usia dengan plus minus tiga tahun yang merupakan puncak karier seorang pecatur. Alexander Alekhine berusia 35 tahun ketika ia menjadi juara dunia dengan mengalahkan Jose Raul Capablanca tahun 1927 di Buenos Aires.

Jose Raul Capablanca dan Tigran Petrosian merebut gelar juara dunia di usia 32 tahun. Max Euwe melakukannya di usia 34 tahun. Dua saingan lama, Mikhail Botvinnik dan Vasily Smyslov menjadi raja catur di usia 36 tahun.

Vishy Anand menjuarai kejuaraan dunia reunifikasi pada usia 37 tahun, tetapi dia juga memenangi kejuaraan dunia FIDE knock-out pada usia 31 tahun.

Usia 40 Tahun : Motivasi

Semua sukses yang diraih di atas usia ini merupakan bonus. Beberapa pecatur mulai berpikir tentang pensiun dan beberapa dari mereka mulai menghindari sorotan media. Kasparov meninggalkan catur profesional tak lama sebelum ulang tahunnya yang ke-42 pada tahun 2005.

Beberapa Grandmaster berusia lima puluhan masih tangguh dan tetap berprestasi karena motivasi. Anand saat ini 50 tahun masih berada di top 15 dunia.

Usia 44 Tahun : Motivasi Adalah Kunci

Karpov menunjukkan penampilan terbaik di Linares pada tahun 1994, pada usia 42 tahun. Dia unggul 2,5 poin dari rival utamanya Kasparov dan Alexei Shirov kala itu dengan mencetak 11 poin dari 13 babak. Apa rahasianya? Kuncinya adalah motivasi.

Usia 50 Tahun : Steinitz

Setelah dianggap sebagai pecatur terkuat di dunia selama 20 tahun, William Steinitz akhirnya menjadi juara dunia resmi pada tahun 1886 saat usianya sudah 50 tahun. Mikhail Botvinnik memainkan turnamen terakhirnya di Leiden pada tahun 1970 ketika usianya 58 tahun.

Usia 60 Tahun : Rekor Smyslov

Pada usia 63 tahun, Smyslov hanya satu langkah lagi untuk lolos ke kejuaraan dunia 1984, tapi kalah dari Kasparov di turnamen kandidat.

Usia 70 Tahun : Usia Bersenang-senang

Para pemain tidak diharapkan lagi untuk juara, tetapi mereka bermain catur hanya untuk bersenang-senang. Pada usia 72 tahun, GM Miguel Najdorf, Grandmaster Argentina menorehkan hasil yang lumayan dalam super- turnamen di Bugojno pada tahun 1982. Kasparov tampil sebagai juara saat itu dan merupakan kemenangan pertamanya di turnamen elit.

Usia 80 Tahun dan Seterusnya

GM Viktor Korchnoi, dua kali finalis pertandingan kejuaraan dunia (1978 dan 1981) masih tetap bermain dengan semangat walaupun dia sudah tidak muda lagi. Viktor adalah contoh pecatur yang awet muda. Tuhan kemudian memanggilnya saat usianya 85 tahun.

Sumber: huffingtonpost

***