Hari Ulang Tahun tanggal 22 Maret 2023 Yang Spesial Setiap Tahun

Kamis, 23 Maret 2023 | 12:16 WIB
0
92
Hari Ulang Tahun tanggal 22 Maret 2023 Yang Spesial Setiap Tahun
Ucapan Selamat Ulang tahun dari Keluarga/Foto : Dokpri

Solo – Pada hari Rabu (22/3/2023) saya akan sedikit bercerita tentang hari Ulang tahun yang spesial yang dijalani. Seperti biasa setiap tanggal 22 Maret setiap tahunnya adalah hari spesial bagi saya dikarenakan merupakan hari jadi kelahiran saya. Hari ulang tahun bagi banyak orang merupakan hari spesial yang banyak orang merayakan dengan euforia serta pesta. Padahal pertambahan umur setiap tahun bisa dikatakan sebagai bahwa umur kita semakin hari bertambah tua serta otomatis setiap orang akan mendekati kematian.

Tetapi hal yang paling penting, hal yang harus dilakukan adalah sangat mensyukuri hari ulang tahun yang sudah bisa kita lewati. Dikarenakan setiap tahun didunia ini banyak orang yang umurnya tidak sampai melewati hari ulang tahunnya, ada yang meningggal dunia karena kecelakaan, meninggal dunia karena sakit, meninggal dunia karena bunuh diri, meninggal dunia karena tenggelam dll. Hal yang pasti diumur yang baru harus kita syukuri dikarenakan ketika kita bersyukur maka Allah SWT akan melipatgandakan kenikmatan yang kita dapat. Kebalikannya apabila kita tidak bisa mensyukuri nikmat yang sedikit, maka kita tidak akan bisa menikmati nikmat yang besar.

Saya akan bercerita menikmati hari Ulang tahun saya yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2023. Tanggal 21 Maret 2023 malamnya saya tidur lebih awal dikarenakan seharian aktifitas saya padat dan saya tidak ingat bahwa ternyata besok tanggal 22 Maret 2023 adalah hari ulang tahun saya. Ketika saya bangun jam 4 subuh saya membuka Hand phone ternyata saya mendapatkan ucapan dari istri saya dirumah, berupa desaign foto dan video ulang tahun. Kemudian saya mengucapkan terima kasih kepada istri saya yang sudah bangun lebih dulu. Setelah itu saya mengambil air wudlu dan Sholat Tahajud dan witir, sekembali dari saya wudlu ternyata sudah ada kado kecil yang ditaruh ditempat tidur dari istri saya. Sontak saya bahagia serta bersyukur bahwa Allah mengirimkan bidadari yang selama ini saya cai untuk mendampingi saya baik didunia dan disurga Allah SWT.

Mungkin saya akan sedikit cerita flash back bahwa dulu saya memerlukan waktu sekitar 7 tahun sehingga saya bisa menemukan istri saya setelah melewati perjalanan yang panjang serta cerita kisah yang berliku. Setelah doa – doa saya yang saya panjatkan selama 7 tahun akhirnya Allah SWT mengirimkan istri saya diwaktu yang tepat dan saat yang tepat.

Mungkin sedikit cerita, saya adalah seseorang yang sangat mengagumi lagu dari Abay yang berjudul Halaqah Cinta, bahkan ketika video clipnya rilis saya berdoa semoga istri saya nanti seperti video klip pemeran Halaqah Cinta memakai kaca mata, jilbabnya serta peranannya. Ternyata benar ketika dimanapun saya berada ketika dikampus, ketika dimasjid, ketika ibadah, ketika lari – lari saya selalu berdoa kemudian mendengarkan lagu halaqah Cinta. Kemudian 7 tahun kemudian Allah mengabulkan doa saya. Pesan dari kisah ini adalah Bagi semua yang belum mendapatkan jodoh, teruslah berdoa, berikhtiar, memperbaiki diri karena Allah SWT pasti mengabulkan doa kita dengan cara yang tepat, waktu yang tepat dan tentunya disaat yang tepat.

Aktivitas saya ketika dihari Ulang tahun kami bertiga, Saya, istri dan anak saya mempunyai tradisi sebelum Ramadhan puasa tiba kami melakukan ziarah kubur ditempat Simbah kami yaitu di Klaten dan Sragen Jawa Tengah. Seperti adab yang dilakukan Rasulullah SAW Ziarah kubur secara umum adalah sunah (dianjurkan) dengan tujuan untuk mengingat akhirat dan kematian, serta untuk mendoakan penghuni kubur. Keumuman hukum ziarah kubur ini juga berlaku untuk ziarah kubur Nabi.

Tepat jam 9.30 wib pagi kita bertiga berangkat dari Jumapolo Karanganyar menuju Klaten untuk ziarah kubur dimakam Simbah diklaten. Sesampai disana kita silaturahmi dengan orang tua diklaten dan saya mendapatkan ucapan dari ibu bapak sayahal yang sangat membahagiakan kemudian ke kuburan untuk mendoakan simbah klaten. Ketika sampai dikuburan kita bertemu dengan tetangga dulu yang pernah bersama, kemudian kita mendoakan Simbah dan sambil mengingat bahwa suatu saat nanti semua orang akan menuju ke kematian. Tinggal bagaimana kita menyiapkan bekal sebanyak – banyaknya didunia ini. Setelah selesai kita berbincang dengan tetangga didekat kuburan dengan tujuan menyambung silaturahmi serta mengenang memori – meori yang dulu. Tidak bisa dipungkiri bahwa masa kenangan masa kecil ditempat kita akan teringat sepanjang hayat kita.

Setelah habis dzuhur tepat jam 1 siang kita berangkat menuju ke pemakaman muslim di Kalioso Sragen Jawa Tengah. Kita kesana melalui via jalan tol Solo – Sragen dikarenakan hari libur nyepi akan padat pengendara. Selama perjalanan alhamdulillah berjalan dengan lancar, saya dan istri didalam mobil banyak membahas tentang masa depan dan tentang agama. Sesampai dipemakaman tepat pkl. 14.40 wib.

Disana saya menuju ke kuburan dan terenyuh karena ketika melihat kuburan Simbah Kalioso teringat kenangan saya bersama Simbah Kalioso. Disana saya mendoakan simbah serta keluarga dikalioso yang lebih dulu menghadap Allah SWT. Disana saya juga sempat mengabadikan makam simbah, hal yang menarik adalah ketika saya mengambil foto disana nampak foto buram, tetapi ketika saya foto ditempat lain terlihat jernih.

Setelah selesai saya kemudian menuju ke masjid Kalioso yang banyak penuh kenangan, disana saya Sholat ashar berjamaah dengan warga disana. Disana saya sambil mengingat kenangan yang dulu pernah terukir dimasjid tersebut. Selesai sholat Ashar saya dan istris erta anak menuju via tol menuju ke Karanganyar. Sampai dikaranganyar kita menikmati kuliner Kentanggihan yang berada dipusat kota Karanganyar. Alhamdulillah anak saya yang makan tidak banyak, tetapi ketika makan di Kentanggihan habis satu mangkok besar.

Setelah selesai makan kuliner Kentanggihan kita menuju pulang ke Karanganyar, sesampai dirumah pas adzan maghrib kemudian kita bersama berangkat sholat tarawih dimasjid Jumapolo. Hal yang menarik juga dihari Ulang tahun saya adalah ketika selesai sholat tarawih, tiba tiba saya diminta untuk melakukan kultum tanpa persiapan. Alhamdulillah saya melaksanakan tugas dengan selesai meskipun tanpa persiapan. Kemudian malamnya kita bersama keluarga dirumah.

Menikmati hari Ulang tahun tidak harus mewah, wah, mahal tetapi ketika kita menikmati hari ulang tahun dengan rasa syukur serta menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai jauh lebih bermakna serta spesial. Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan saya waktu hidup untuk terus beribadah sebanyak – banyaknya serta saya mengucapkan terima kasih kepada orang tua, istri dan anak semoga bisa terus bersama baik didunia dan di surga Allah SWT. Semoga tulisan ini menginspirasi serta membawa kebaikan bagi seseorang didunia yang merayakan hari ulang tahunnya. *Red