Dewi Citra Sengat Irene, Novendra Memimpin

Pada babak ketiga pagi ini Citra akan berhadapan dengan pecatur tuan rumah WGM Vo Thi Kim Phung sementara Irene bertemu dengan WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina.

Rabu, 11 Mei 2022 | 07:30 WIB
0
248
Dewi Citra Sengat Irene, Novendra Memimpin
Dewi versus Irene (Foto: Kristianus Liem)

Dua pecatur Indonesia IM Irene Kharisma Sukandar dan WIM Dewi AA Citra sudah harus bentrok di babak pertama kategori Putri catur standar SEA Games ke-31 kemarin di Hanoi.

Tadinya saya pikir mereka berdua akan berbagi poin untuk menghemat tenaga dan juga mengamankan posisi. Ternyata dugaan saya salah. Mereka langsung bertarung tanpa kompromi yang dimenangkan Citra lewat partai dramatis.

Serangan gencar yang dilancarkan pecatur berusia 27 tahun ini melalui sayap Menteri gagal dibendung Irene membuat unggulan pertama itu menyerah pada langkah ke-37 setelah kalah satu perwira.

Pada babak kedua Citra juga bermain bagus saat membekuk pecatur Malaysia WFM Tan Li Ting membuatnya menduduki posisi puncak klasemen sementara sendirian dengan 2 poin.

Irene sendiri mencetak poin pertama setelah menang dari pecatur Filipina WIM Jan Jodilyn Fronda pada babak kedua untuk menempati peringkat kelima.

Pada babak ketiga pagi ini Citra akan berhadapan dengan pecatur tuan rumah WGM Vo Thi Kim Phung sementara Irene bertemu dengan WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina.

Memimpin

Pecatur andalan Indonesia di nomor catur standar SEA Games ke-31 di Hanoi, GM Novendra Priasmoro tampil bagus dengan mencetak dua kemenangan di hari pertama SEA Games ke-31 di Hanoi kemarin.

Novendra membekuk FM Lik Zang Lye dari Malaysia pada babak pertama dan pecatur tuan rumah GM Tran Tuan Minh pada babak kedua untuk memimpin turnamen sendirian dengan 2 poin.

Tran adalah unggulan ke-2 di nomor ini sementara Novendra unggulan kelima sehingga kemenangan ini sangat penting dalam perburuan medali emas.

Pada meja lainnya IM Mohamad Ervan yang juga bermain di nomor yang sama dengan Novendra menaklukkan pecatur Myanmar IM Zaw Htun Wynn di babak pertama dan remis dengan GM John Paul Gomez dari Filipina di babak kedua untuk membukukan 1½ poin.

Pada babak ketiga pagi ini Novendra akan menantang unggulan pertama GM Nguyen Ngoc Truong Son dari Vietnam sedangkan Ervan berhadapan dengan pecatur Singapura IM Jingyao Tin.

Perburuan

Meskipun SEA Games ke-31 baru resmi dibuka pada 12 Mei 2022 tapi cabang olahraga catur sudah mulai dipertandingkan hari ini pada nomor catur standar Open dan Putri.

Di kategori Open, Indonesia diwakili oleh GM Novendra Priasmoro (2501) dan IM Mohamad Ervan (2367). Novendra dan Ervan diunggulkan di peringkat ke-5 dan ke-10 dari 12 peserta di nomor ini.

Pada babak pertama Novendra akan berhadapan dengan pecatur Malaysia FM Lik Zang Lye (2358) sedangkan Ervan bertemu IM Wynn Zaw Htun (2508) dari Myanmar.

Sementara pada kategori Putri yang tampil adalah IM Irene Kharisma Sukandar (2392) dan WIM Dewi AA Citra (2211). Irene dan Citra diunggulkan di peringkat pertama dan enam dari 10 peserta.

Pada babak pertama Irene sudah langsung bentrok dengan Citra sebelum dia bertemu dengan dua pecatur asal Filipina WIM Jan Jodilyn Fronda (2141) dan WGM Janelle Mae Frayna (2221) pada babak kedua dan tiga.

***