Nakamaru Juara!

Dalam pertandingan babak final melawan Aronian itu, keterampilan bertahan Nakamura menjadi faktor kunci utama, baik di catur standard maupun di babak tambahan catur cepat.

Jumat, 18 Februari 2022 | 07:21 WIB
0
372
Nakamaru Juara!
Nakamaru vs Aronian (Foto: World Chess)

Tak percuma FIDE memberikan wild card kepada GM Hikaru Nakamura untuk ikut FIDE Grand Prix 2022 meskipun pecatur AS itu sudah dua tahun tiga bulan tidak lagi tampil di turnamen catur standar. 

Terakhir kali Nakamura tampil di turnamen catur standar adalah di Grand Prix Hamburg pada November 2019 yang memicu kritik kepada FIDE karena telah mengundang pecatur yang tidak lagi aktif bermain.

Barangkali pertimbangan FIDE mengundang Nakamura adalah karena pecatur berusia 34 tahun ini peringkat dua dunia catur cepat dan peringkat satu dunia catur blitz. Turnamen ini memberi ruang ke format itu jika pertandingan berlangsung imbang.

Dan Nakamura membayar kepercayaan itu dengan menjuarai seri pertama FIDE Grand Prix Berlin setelah menundukkan GM Levon Aronian 2-0 langsung di babak tambahan catur cepat tadi malam.

Dalam pertandingan babak final melawan Aronian itu, keterampilan bertahan Nakamura menjadi faktor kunci utama, baik di catur standard maupun di babak tambahan catur cepat. 

Sebagai juara Nakamura berhak mendapat hadiah uang sebesar 24.000 Euro atau sekitar 391 juta rupiah dan 13 Grand Prix poin. 

Nakamura akan kembali bermain di seri ketiga yang juga berlangsung di Berlin pada bulan Maret mendatang.

Terlihat betapa sabarnya Nakamura menghadapi Aronian saat memegang buah hitam, memerangkap Raja Aronian di baris pertama, ini menggambarkan betapa tunggang-langgangnya Raja putih, berlari menyelamatkan diri. Tapi Jaring skakmat sudah telanjur Nakamura tebar.

Pada babak final hari kedua sebagaimana dalam video analisis permainan ini terlihat bagaimana Nakamura mengakhir perlawanan Aronian dalam "enspell" Benteng melawan tiga bidak.

***